Pariwisata

Pemilihan Dodo Pandin Awali Event Magical Toraja, Akan Bangkitkan Parwisata Tana Toraja

Dodo Pandin merupakan seleksi untuk mencari pemuda terbaik Toraja (Tana Toraja dan Toraja Utara) usia 15 hingga 25 tahun.

Penulis: Ricdwan Abbas | Editor: Muh. Irham
Tribun Toraja Utara/Ricdwan Abbas
Sekitar 50 lebih peserta mengikuti registrasi dan pembekalan Dodo Pandin di gedung UKI Toraja, Makale, rangkaian event Magical Toraja yang digelar Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Kamis (18/8/2022). 

RANTEPAO, TRIBUNTIMUR.COM - Rangkaian kegiatan Event Magical Toraja mulai dilaksanakan.

Event yang diselenggarakan Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) ini dalam rangka membangkitkan Pariwisata Toraja.

Bangkitnya pariwisata diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi pasca pandemi.

Pemilihan Dodo Pandin mengawali rangkaian kegiatan Magical Toraja.

Dodo Pandin merupakan seleksi untuk mencari pemuda terbaik Toraja (Tana Toraja dan Toraja Utara) usia 15 hingga 25 tahun.

Sekitar 50 lebih pelajar SMP dan SMA/SMK mengikuti registrasi dan pembekalan yang digelar di gedung UKI Toraja, Makale, pada Kamis (18/8/2022).

Koordinator Melly Sallata, mengatakan pemuda dimaksud tidak hanya terbaik dalam hal fisik, namun lebih kepada innerbeauty (kecantikan yang lahir dari batin).

Selain itu, putra putri pilihan nantinya harus mengetahui adat istidadat dan budaya Toraja.

"Dodo Pandin ini tahapan Magical Toraja untuk mencari pemuda terbaik. Tidak hanya cantik secara fisik tetapi lebih kepada kecantikan (kebaikan) hati atau batin," ujarnya Melly kepada Tribun Timur Kamis sore.

Melly menyebut, pandemi Covid-19 telah melemahkan sektor pariwisata.

Hadirnya Dodo yang berarti putra dan Pandin atau perempuan akan didorong memperkenalkan pariwisata dan budaya Toraja kepada milenial dan masyarakat luar.

Baik secara offline maupun melalui sosial media. Sebab, pengguna medsos terbanyak kata Melly dari kalangan milenial.

"Selama kurang lebih dua tahun dihantam pandemi Covid-19 kita anjlok mengenai kebudayaan, jadi ini upaya kita membangkitkan kembali," kata Melly.

Tahapan penyisihan 12 besar akan digelar pada Minggu 21 Agustus.

Kemudian babak final atau pemilihan peserta terbaik akan berlangsung pada 26 Agustus di Pasar Seni Makale, Tana Toraja.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved