Akhirnya Pengelolaan Pasar Pekka Pao Dalam Waktu Dekat Diserahkan ke Pihak Desa Lipukasi

Pasar Pekka Pao di Desa Lipukasi ini dibangun pada tahun 2019 dan bersumber dari dana bantuan APBN melalui Kementerian Perdagangan.

Penulis: Darullah | Editor: Waode Nurmin
TribunBarru.com/Darullah
Pasar Pekka Pao, Desa Lipukasi, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel dalam waktu dekat akan diserahkan ke pihak Desa Lipukasi untuk dikelola 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Sejak Pasar Pekka Pao dibangun pada 2019 silam, sampai saat ini belum juga diserahkan pengelolaannya ke pihak Desa Lipukasi.

Pasar Pekka Pao berlokasikan di Desa Lipukasi, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel.

PPK Proyek Pasar Pekka Pao, H Sabirin saat dikonfirmasi TribunBarru.com mengatakan lambatnya penyerahan pengelolaan Pasar Pekka Pao kepada pihak desa dikarenakan ada beberapa kendala.

Yang pertama yaitu, pasca pasar ini selesai dibangun pada 2019, pandemi Covid-19 mewabah. Sehingga pengurusan dokumen ke pusat terhambat.

Kemudian kedua, penyerahannya terkendala dengan aturan Permendagri Nomor 42 tahun 2007 yang dalam salah satu pasalnya mengisyaratkan bahwa pemerintah provinsi dan kabupaten dapat menyerahkan pengelolaan pasar ke pihak desa setelah lima tahun dari aturan ini.

"Dua kendala tersebut yang menjadi faktor penghambat sehingga Pasar Pekka Pao di Desa Lipukasi terlambat diserahkan ke pihak desa untuk dikelola," ujarnya, Selasa (16/8/2022).

"Kini koordinasi telah dilakukan pihak Dinas UMKM, Koperasi dan Perdagangan Pemkab Barru bersama Instansi terkait lainnya, setelah memperoleh arahan langsung dari bupati," jelasnya.

Kata Sabirin, pasar ini sudah siap diserahkan ke pihak desa, karena kalau tidak dilakukan penyerahan, maka belum bisa dilakukan aktifitas di pasar tersebut.

"Begitu pula dengan retribusi, tidak bisa diberlakukan pada pasar itu sebelum dilakukan penyerahan terlebih dahulu," terangnya.

"Beruntung rekomendasi Kementerian Perdagangan sudah turun dan sudah memenuhi apa yang dipersyaratkan dalam Permendagri nomor 42 tahun 2007," pungkasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved