Haji 2022

PPIH Makassar Harap Jamaah Kloter 18 Pertahankan Kebiasaan Ibadah Setelah Tiba di Kampung Halaman

Mewakili Ketua PPIH debarkasi Makassar, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sulsel H Rappe membuka sambutannya dengan mengumumkan hasil tes antigen

Penulis: Wahyudin Tamrin | Editor: Saldy Irawan
DOK PRIBADI
Foto bersama PPIH debarkasi Makassar dan daerah serta seluruh jamaah kloter 18 usai melaksanakan serah terima di Aula Asrama Haji Sudiang, Jumat (12/8/2022) malam.   

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pesawat Garuda dengan nomor GIA 1218 yang membawa jamaah haji kloter 18 UPG debarkasi Makassar mendarat mulus di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Jumat (12/8/2022) pukul 19.45 Wita.

Kloter 18 UPG ini berisi 390 jamaah haji asal Provinsi Sulawesi Barat sebanyak 268 jjmaah yang berasal dari Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Pasangkayu dan jamaah Haji asal Kabupaten Sinjai Sulsel 107 orang serta Kota Makassar tujuh orang.

Turut hadir sejumlah pejabat asal daerah jamaah haji kloter 18 diantaranya Kakanwil Kemenag Provinsi Sulbar H Muflih B Fattah, Assiten I Pemkab Kabupaten Sinjai, Assisten I Pemkab Pasangkayu, Assisten III Pemkab Mamuju Tengah serta para Kakankemenag dan Kasi PHU Kabupaten terkait.

Mewakili Ketua PPIH debarkasi Makassar, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sulsel H Rappe membuka sambutannya dengan mengumumkan hasil tes antigen jamaah kloter 18 UPG.

"Alhamdulillah, berdasarkan hasil tes antigennya, semua jamaah kloter 18 UPG dinyatakan negatif," katanya disambut applaus oleh seluruh hadirin yang memenuhi Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel ini berpesan kepada seluruh jemaah haji agar kebiasaan ibadah sewaktu berada di tanah suci harus dilanjutkan.

Bahkan ditingkatkan ketika sudah tiba kembali ke kampung halaman, karena itu menjadi salah satu ciri mabrurnya haji.

Sementara itu, Kakanwil Sulbar H Muflih B Fattah mewakili Pemerintah Provinsi Sulbar menyampaikan bahwa Haji Mabrur itu ketika bisa menjaga ibadahnya, menjaga lisannya dengan penuh lemah lembut, serta senantiasa memperbanyak sedekah.

Mantan Kakankemenag Kabupaten Mamasa ini juga menyampaikan terima kasih kepada PPIH debarkasi Makassar yang penuh dedikasi melayani jamaah haji sejak persiapan diberangkatkan sampai kepada pemulangan.

"Semoga diganjar dengan pahala yang sama pahala berhaji," katanya.

Secara khusus Assisten I Pemkab Sinjai Haerani Dahlan berterima kasih kepada petugas kloter 18 UPG yang telah memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik kepada jamaah haji.

Sehingga semua jelamaah bisa menyelesaikan rangkaian ibadah hajinya serta membawa pulang seluruh jamaah haji dengan selamat dan utuh.

Menurut Informasi PPIH debarkasi Makassar, jamaah kloter 18 ini langsung dipulangkan ke daerahnya masing masing menggunakan bus yang disiapkan oleh PPIH daerahnya.

Kecuali 71 orang jamaah haji dari Kabupaten Pasangkayu Sulbar.

Katena masih transit malam ini di Asrama Haji Sudiang Makassar, dan akan diterbangkan besok subuh ke Sulawesi Tengah baru ke Pasangkayu. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved