Pilkades Barru

Pikades Barru Tanpa Pengawas, Pakar Politik Unhas: Potensi Militansi Akan Sangat Tinggi

DPRD mempertanyakan siapa yang akan jadi pengawas pada Pilkades Barru pada akhir Desember mendatang.

Penulis: Darullah | Editor: Hasriyani Latif
dok pribadi
Pengamat Politik Universitas Hasanuddin, Ali Armunanto. Ali mengimbau kalau kedepannya Pilkades memang akan diselenggarakan secara serentak, maka dibutuhkan institusi khusus untuk melakukan pengawasan. 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada akhir Desember mendatang.

Namun pihak DPRD Barru mempertanyakan soal siapa yang menjadi pengawas pada Pilkades serentak tersebut.

Menanggapi hal itu, Pakar Politik Unhas Ali Armunanto mengatakan Pilkades tidak menjadi bagian dari Pemilu.

"Pilkades memiliki undang-undang atau aturan tersendiri, yang membuatnya tidak memiliki institusi sendiri yang mengatur masalah Pilkades," kata dosen Universitas Hasanuddin Makassar ini.

"Kemudian yang ada hanya panitia Ad Hoc yang berfungsi sebagai penyelenggara, kemudian ada desk Pilkades yang terdiri dari Tripika kecamatan yang ikut mengawasi prosesnya," ujarnya kepada TribunBarru.com via telepon, Jumat (12/8/2022).

"Tentu saja memang karna Pilkades tidak serapi penataan ketika Pemilu, sehingga misalnya kalau ada pelanggaran siapa yang menangani, dan akan diselesaikan di mana," tambahnya.

Ketika ada sengketa dari hasil Pilkades, lanjutnya, kemudian siapa yang akan menyelesaikannya.

Ini sebenarnya tidak jelas atau tidak sepisifik diatur dalam aturan pemilihan kepala desa.

Sehingga hal itulah yang menimbulkan pertanyaan dan menimbulkan ruang-ruang untuk terjadinya penyelewengan-penyelewengan atau kecurangan dalam pemilihan kepala desa.

"Walaupun kepolisian ikut terlibat dalam proses pengamanan, dan pemerintah kabupaten ikut terlibat aktif tapi kemudian proses dan kewenangannya menjadi kabur, utamanya dalam penanganan sengketa kepala desa ini," tandasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved