Jamaah Haji Kloter 16 Berkurang Tiga Orang Tiba di Makassar

Tiga Jamaah Haji yang tidak bergabung di kloter 16 ternyata pindah ke kloter lain, yakni ke kloter 5, 10 dan 11

Penulis: Wahyudin Tamrin | Editor: Waode Nurmin
Dokumentasi
Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel Ikbal Ismail (tengah) saat memberi sambutan sebelum menyerahkan jamaah haji ke petugas daerah masing-masing di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang, Kamis (11/8/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Jamaah Haji Indonesia Debarkasi Makassar kelompok terbang (kloter) 16 tiba di Makassar, Kamis (11/8/2022).

Jamaah ini tiba menggunakan pesawat Garuda Airways flight number GA1216 pukul 11.20 wita.

Sama seperti Jamaah Haji yang tiba sebelumnya.

Jamaah haji kloter 16 ini juga terlebih dulu dibawa ke Asrama Haji Sudiang sebelum pulang ke daerah masing-masing.

Di Asrama Haji Sudiang, seluruh jamaah melakukan pemeriksaan tes antigen sebelum mengikuti proses serah terima di Aula Arafah.

Saat penerimaan jamaah haji, kloter 16 ini berkurang tiga orang.

Sebelumnya kloter ini berangkat sebanyak 393 beserta petugas kloter.

Namun saat penerimaan, hanya 389 jamaah haji yang diterima.

105 dari Luwu Utara, 93 dari Pangkep, 72 dari Gowa, satu dari Bulukumba, satu dari Wajo, 20 dari Makassar, dan 93 dari Papua serta empat petugas kloter.

Tiga Jamaah Haji yang tidak bergabung di kloter 16 ternyata pindah ke kloter lain.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel Ikbal Ismail saat menyerahkan jamaah ke petugas haji masing-masing daerah.

"Ada tiga jamaah yang tanazul atau mutasi ke kloter lain. Ketiga jemaah ini mutasi ke kloter 5, 10 dan 11," katanya.

Kepada seluruh jemaah haji kloter 16, mantan Kepala UPT asrama Haji Sudiang Makassar ini berpesan agar jemaah tetap melaksanakan ibadah atau kebiasaan-kebiasaan sebagaimana ketika masih berada di tanah suci.

"Saya minta kepada kita semua agar kebiasan-kebiasaan di tanah suci jangan hilang, seperti rutin melaksanakan salat berjamaah. Semoga bapak ibu sekalian meraih predikat haji mabrur," ucapnya.

"Ciri haji mabrur itu adalah rajin beribadah, menjaga tutur kata, memberi makan kepada fakir miskin dan senantiasa menghadirkan kedamaian," kata dia mengakhiri laporannya.

Adapun pejabat Pemprov Papua dan Pemerintah Kabupaten Kota se-Sulsel yang hadir pada prosesi penerimaan jamaah haji kloter 16 ini antara lain Wakil Bupati Merauke Ahmad Ridwan, Kabid Haji dan Bimas Islam Kanwil Kemenag Papua Musa Narwawan, Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota se-Provinsi Papua.

Bupati Pangkep M Yusran Lalogau, Kabag Kesra Luwu Utara Ari Setiawan, para Kepala Kemenag Kab/Kota se-Sulsel serta Ketua Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Provinsi Papua bersama pengurus IPHI Sulsel. (*)

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved