Polisi Tembak Polisi

Betulkah Luhut Pandjaitan Komentari Kasus Brigadir J hingga Sebut: Ndak Ada Urusan Beking?

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan meminta Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto tegas soal kasus Brigadir J dengan tersangka Irjen Ferdy Sambo

Editor: Edi Sumardi
DOK TRIBUNNEWS.COM
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi atau Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan 

TRIBUN-TIMUR.COM - Beredar video Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi atau Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan meminta kepada Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri atau Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto tegas dalam memproses hukum kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Video tersebut viral melalui grup WhatsApp.

Rupanya, terdapat misleading dalam video tersebut.

Komentar Luhut Pandjaitan ini rupanya bukan terkait dengan kasus pembunuhan Brigadir J dengan tersangka salah satunya adalah mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo.

Dikutip dari Kompas.com, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi menyampaikan klarifikasi.

"Pak Menko tidak pernah mencampuri urusan yang bukan menjadi tanggung jawabnya sebagai Menko Marves dan juga pembantu Presiden Joko Widodo. Semoga semua pihak bisa berpikir jernih lebih dahulu sebelum membuat dan memercayai video-video potongan yang tidak sesuai konteks seperti itu," jelasnya melalui keterangan resmi, Jumat (12/8/2022).

Jodi Mahardi menjelaskan, pernyataan Luhut Pandjaitan dalam video tersebut sebenarnya ditujukan untuk penanganan kasus Covid-19 dalam kapasitasnya sebagai Koordinator PPKM Darurat, bukan terkait dengan proses penyidikan kasus pembunuhan anggota Polri yang sekarang sedang diselidiki.

Kutipan Luhut Pandjaitan melalui video yang beredar tersebut merupakan potongan dari konferensi pers yang ditayangkan beberapa stasiun televisi pada 3 Juli 2021.

"Dalam konteks saat itu, Pak Menko yang sedang menangani PPKM Darurat meminta Komjen Agus untuk menindak tegas pihak-pihak yang menaikkan harga obat-obatan yang dibutuhkan untuk penanganan pasien Covid. Sehingga, tidak benar framing video yang sekarang beredar itu," katanya.

Sebelumnya, beredar video yang menampilkan Luhut meminta Kabareskrim Komjen Agus Andrianto untuk mengusut kasus keterlibatan petinggi Polri dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Video ini dibagikan oleh akun Twitter @UmarHasibuan77.

"Saya minta daripada Kabareskrim Pak Jenderal Agus, Komjen Agus jangan ragu-ragu. Saya enggak ada urusan siapa dia. Enggak ada urusan beking-beking. Pokoknya sampai ke akar-akarnya kita cabut saja, Mas Agus," kata Luhut Pandjaitan di video itu.

Catatan redaksi:

Berita ini telah mengalami perubahan judul isi dari sebelumnya berjudul "Irjen Ferdy Sambo Pembunuh Brigadir J 'Makin Terjepit', Luhut Pandjaitan: Ndak Ada Urusan Beking".

Mohon maaf atas kekeliruan di dalamnya.

Terima kasih.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved