Baznas

Dalam Kurun Waktu Enam Bulan, BAZNAS Barru Kumpulkan Rp 7 Miliar dari Dana Umat

Dana Rp 7 M yang terkumpul tersebut bersumber dari dana Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) Masyarakat Barru.

Penulis: Darullah | Editor: Muh. Irham
ist
Hary, Kabid Pengumpulan ZIS BAZNAS Barru. 

BARRU, TRIBUN-TIMUR.COM - Dalam kurun waktu enam bulan ini, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Barru berhasil menghimpun dana umat sebanyak Rp 7 miliar dari target Rp 12,8 Miliar.

Dana Rp 7 M yang terkumpul tersebut bersumber dari dana Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) Masyarakat Barru.

Dalam laporan tengah tahunan yang telah dibuat, tercatat perolehan penerimaan ZIS untuk periode Januari hingga Juni 2022 sebesar Rp 7,3 miliar.

Penerimaan ZIS tertinggi bulanan berada pada periode April - Mei yang hampir mencapai Rp 3 miliar.

"Alhamdulillah, capaian kita hingga tengah tahun ini telah di angka Rp 7,3 miliar dari target Rp 12,8 miliar yang kita targetkan di dalam RKAT 2022 ini," kata Hary, Kabid Pengumpulan ZIS BAZNAS Barru, Kamis (11/8/2022).

"Angka Rp 7,3 miliar ini akumulasi dari dana ZIS dan Infak terikat yang tercatat," jelasnya. 

"Periode penerimaan tertinggi yaitu bertepatan dengan bulan Ramadhan yaitu April-Mei," ungkapnya.

"Kita optimistis target di 2022 ini akan kita capai dengan dukungan semua pihak," tandasnya.

Hary optimistis dapat memenuhi target tersebut sebelum batas waktunya, tentu dengan berbagai inovasi-inovasi baru dalam pengumpulan zakat.

"Tentunya untuk mencapai target tersebut perlu adanya semangat kolaborasi dan kerja sama antara semua pihak untuk hasil yang lebih maksimal," terangnya.

"Pada tahun ini kita fokus memaksimalkan potensi zakat dari perorangan bidang pertanian, peternakan, pengusaha lokal, dan infak dari rumah tangga muslim," paparnya.

Pihaknya menegaskan bahwa infaq yang terkumpul tersebut akan kembali ke umat dalam bentuk program-program yang telah dibentuk.

"ZIZ yang terkumpul ini dari umat dan tentunya juga untuk umat tekhusus yang membutuhkan dan sesuai kreteria berhak untuk menerima bantuan," tambahnya.

"Kita mohon doa dan dukungan segenap masyarakat Barru untuk kelancaran dalam menjalankan setiap program guna kemaslahatan umat," pungkasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved