Koperasi

60 Persen Koperasi di Pinrang Mati Suri

Irwan yang juga Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Pinrang menilai, koperasi yang mati suri itu karena usahanya tidak berjalan

Penulis: Nining Angraeni | Editor: Muh. Irham
Tribun Pinrang
Bupati Pinrang Irwan Hamid menghadiri kegiatan Pendidikan dan Pelatihan peningkatan Kapasitas Kewirausahaan Koperasi dalam Membangun Bisnis Modern di MS Hotel, Kamis (4/8/2022). 

PINRANG, TRIBUN-TIMUR.COM - Sekitar 60 persen dari 200 lebih koperasi di Kabupaten Pinrang dinilai mati suri.

Hal itu dikatakan Bupati Pinrang Irwan Hamid pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan peningkatan Kapasitas Kewirausahaan Koperasi dalam Membangun Bisnis Modern di MS Hotel, Kamis (4/8/2022). 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kemenkop UKM RI kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pinrang.

Irwan yang juga Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Pinrang menilai, koperasi yang mati suri itu karena usaha yang dilakukan tidak berjalan dengan semestinya.

"Hal ini dapat dibuktikan, ketika kepatuhan dalam menjalankan Rapat Anggota Tahunan (RAT) hanya dapat dilakukan oleh sebagian kecil dari keseluruhan jumlah Koperasi yang terdata," katanya. 

Irwan berharap operasi kembali bisa menangkap peluang di era modern ini.

Yakin dalam mencari bidang-bidang usaha yang mampu menyehatkan koperasi dari segi usaha dan omset.

"Di era pandemi seperti sekarang kita harus mampu menangkap peluang agar koperasi bisa meraih omset yang banyak," ujarnya. 

Dikatakan, di era millenial saat ini, Pemerintah Kabupaten Pinrang terus mendorong majunya sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 

Khususnya UMKM yang modern dan berdaya saing.

Menurutnya, koperasi mempunyai peran besar dalam memajukan dan menggerakkan roda ekonomi.

Yakni dalam membangun bisnis yang modern di Kabupaten Pinrang

Dia juga mengapresiasi kegiatan pendidikan dan pelatihan ini sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pinrang.

"Saya berharap agar Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro senantiasa memberikan bimbingan untuk keberlangsungan dan pengembangan koperasi-koperasi yang ada di Pinrang," imbuhnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved