China vs Taiwan

Dua Kapal Induk PLA China Mulai Bergerak, Militer Taiwan Meningkatkan Persiapan

Selain itu, Militer Taiwan telah meningkatkan kesiapan tempurnya untuk mempersiapkan ancaman dari China menjelang kunjungan potensial Ketua DPR AS Nan

Penulis: Desi T Aswan | Editor: Saldy Irawan

TRIBUN-TIMUR.COM- Dua kapal induk Tentara Pembebasan Rakyat China mulai bergerak diduga menuju ke Taiwan.

Dalam video yang diunggah di Telegram dengan nama akun Intel Slava Z, Selasa (2/8/2022) menampilkan kemajuan dari dua kapal tersebut saling mengikuti satu sama lain pada arah yang sama.

Saksi mata juga melaporkan helikopter PLA terbang di atas pantai Laut Cina Selatan.

Selain itu, Militer Taiwan telah meningkatkan kesiapan tempurnya untuk mempersiapkan ancaman dari China menjelang kunjungan potensial Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau itu, media lokal melaporkan.

Pada saat yang sama, kapal induk AS USS Ronald Reagan dan kelompok penyerangnya beroperasi di dekat Taiwan, kata sebuah lembaga think tank China.

Kantor Berita Pusat resmi Taiwan (CNA) mengutip "sumber terpercaya" anonim yang mengatakan bahwa dari pukul 08:00 pada hari Selasa hingga 12:00 siang pada hari Kamis, militer akan "memperkuat kesiapan tempur" pasukan dan melakukan penyesuaian sesuai dengan ancaman dari Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Angkatan bersenjata Taiwan beroperasi pada dua tingkat kesiapan tempur untuk masa damai dan masa perang, setiap tingkat terdiri dari beberapa tahap. Dapat dipahami bahwa tahap kesiapsiagaan saat ini masih dalam tingkat masa damai tetapi dapat berubah.

Kementerian Pertahanan Nasional pulau itu belum memberikan komentar tentang berita yang muncul saat China mengumumkan lebih banyak latihan tembakan langsung di Laut China Selatan dan Laut Bohai.

Pada Selasa pagi beberapa pesawat militer dan kapal perang China mendekati garis tengah Selat Taiwan - perbatasan maritim diam-diam antara Taiwan dan daratan - kata Reuters, mengutip sumber anonim.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved