Bupati Wajo Amran Mahmud Paparkan Potensi Sumber Daya Alam Wajo di Kecamatan Gilireng

Menurut Amran Mahmud hampir semua potensi SDA ada di Wajo, bahkan ada yang tidak ditemukan di daerah lain, setidaknya di Sulawesi Selatan.

Handover
Bupati Wajo Amran Mahmud saat memaparkan potensi sumber daya alam Kabupaten Wajo di Rec Hall-Base Camp EEES, Kecamatan Gilireng, Wajo, Selasa (26/7/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM, WAJO - Bupati Wajo Amran Mahmud menyatakan daerah tersebut sangat kaya akan sumber daya alam (SDA).

Pemkab Wajo pun telah menjalankan deretan program untuk memaksimalkan berbagai potensi yang dimiliki untuk pembangunan daerah.

Potensi Wajo jadi materi pemaparan Amran Mahmud pada sosialisasi peluang kewirausahaan kepada para karyawan Energy Equity Epic Sengkang (EEES) Pty. Ltd. di Rec Hall-Base Camp EEES, Kecamatan Gilireng, Selasa (26/7/2022).

Menurut Amran Mahmud hampir semua potensi SDA ada di Wajo, bahkan ada yang tidak ditemukan di daerah lain, setidaknya di Sulawesi Selatan.

"Misalnya gas alam, hanya kita satu-satunya di Sulsel yang memiliki potensi ini, bahkan sejak tahun 1997 kita sudah menyuplai sekitar 315 megawatt setiap tahunnya ke dua provinsi yaitu, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat," kata Ketua DPD PAN Wajo ini via rilis.

Potensi lainnya, seperti pertanian, perikanan, hingga kelautan.

"Saat ini hasil pertanian padi kita sudah mencapai 800 ribu ton per tahun, sementara kebutuhan untuk konsumsi sekitar 50 ribu ton,” katanya.

“Belum lagi jumlah populasi ternak kita nomor dua di Sulsel, produksi kacang hijau kita yang nomor satu di Sulsel, serta banyak lagi yang lainnya," Amran Mahmud menambahkan.

Berdasarkan data di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop dan UKM) Wajo sampai pertengahan 2022 ini ada 8.232 wirausaha baru.

Ini merupakan salah satu program prioritas, yakni mencetak 10.000 entrepreneur.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved