Rakernas IKAJO Sulsel Bahas Perubahan Sistem Pemilu

“Salah satu rekomendasi yang dikeluarkan adalah usulan dalam perbaikan sistem Pemilu,” kata Dewan Presidium Nasional IKAJO Sulsel, Nasrullah.

Editor: Saldy Irawan
DOK PRIBADI
Suasana Rakernas IKAJO Sulsel 

TRIBUN-TIMUR.COM - Ikatan Keluarga Alumni Jogjakarta (IKAJO) Sulsel menggelar rapat kerja nasional di Pantai Akkarena Makassar, Ahad (17/7/2022).

Rakernas ini mengangkat tema Ruang Aksi Sejuta Konsepsi.

Pada pelaksanaan Rakernas IKAJO Sulsel ini, sejumlah rekomendasi dikeluarkan terkait sumbangsih pikiran menyikapi perkembangan dan isu strategis nasional.

“Salah satu rekomendasi yang dikeluarkan adalah usulan dalam perbaikan sistem Pemilu,” kata Dewan Presidium Nasional IKAJO Sulsel, Nasrullah.

IKAJO Sulsel memandang pentingnya dilakukan perubahan sistem Pemilu dengan cara kombinasi gabungan sistem proporsional terbuka dan tertutup.

Hal lain yang disikapi oleh IKAJO Sulsel adalah Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang baru karena dinilai akan memberi dampak negatif terhadap kebebasan berpendapat.

“Masyarakat akan dihadapkan pada kekhawatiran mengkritisi lembaga negara, karena dapat berdampak pidana karena dianggap melakukan penghinaan. Ini mendegradasi sistem demokrasi kita,” terang Nasrullah.

Sementara itu, hasil Rakernas IKAJO Sulsel lainnya adalah akan menggelar workshop Pemilu yang akan menjadi usulan awal realisasi program kerja pengurus. 

Kegiatan Rakernas di rangkaikan dgn pengukuhan pengurus IKAJO SULSEL, di pantai akkarena malam harinya.

Kegiatan ini di hadiri para Dewan Penasehat, Dewan Presidium Nasional serta seluruh pengurus IKAJO Sulawesi Selatan periode 2022 - 2026.(rilis)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved