Dikunjungi Dukcapil Sidrap, Dinas Dukcapil Barru Beber Target Cetak Akta Lahir Bisa di Kantor Desa

"Kecuali KTP-EL dan akta identitas anak masih diproses di Kantor Dukcapil karena terkait regulasi itu," tandas Kadis Dukcapil Barru.

Penulis: Darullah | Editor: Waode Nurmin
TribunBarru.com/Darullah
Kepala Dinas Dukcapil Pemkab Barru, Nasaruddin menerima kunjungan Kepala Dinas Dukcapil Sidrap Patahangi Nurdin di ruang kerjanya, Jumat (8/7/2022). 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Kepala Dinas Dukcapil Barru, Nasaruddin menerima kunjungan Kepala Dinas Dukcapil Sidrap Patahangi Nurdin, Jumat (8/7/2022).

Nasaruddin menerima kunjungan Kepala Dinas Dukcapil Sidrap di ruang kerjanya di Gedung MPP Pemkab Barru.

Maksud kunjungan Kadis Dukcapil Sidrap di Barru untuk menanyakan langkah-langkah Dukcapil Barru dalam pelayanan administrasi kependudukan.

Patahangi Nurdin mengemukakan bahwa pihaknya sangat kewalahan dalam pelayanan adminduk di Sidrap.

"Pasalnya dalam satu hari, kami melayani sampai ratusan orang," ujarnya.

"Semua layanan itu terpusat di kantor dukcapil, dan di samping itu kami memiliki jumlah 106 kelurahan/desa," bebernya.

Yang dikhwatirkan, katanya, jika pada 2023 dihapus tenaga honorer, maka pasti kewalahan, karena sebagian besar tenaga registrasi adalah honorer.

"Insya Allah dalam waktu dekat ini, kami akan bawa tim registrasi dan Administrator Data Base (ADB) kami ke Barru," ungkap Patahangi.

Sementara Kadis Dukcapil Barru, Nasaruddin menyampaikan bahwasanya Dukcapil Barru juga masih dalam tahap perbaikan, masih ada juga kendala namun dengan adanya Mall Pelayanan Publik (MPP) di kepemimpinan Bupati Barru H Suardi Saleh maka itu sangat membantu kami dalam pelayanan untuk memudahkan masyarakat.

"Kami di Dukcapil Barru, sudah bekerja sama dengan desa/kelurahan, target kami di 2023 nanti, dari 23 jenis layanan atau dokumen warna putih seperti Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, akte kematian, Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI), sudah bisa dicetak di desa/kelurahan," terangnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved