Ibadah Haji

Laporan dari Mekah, Jamaah Tazkiyah Travel Rutin Diingatkan Protokol Kesehatan Ketat

Himpuh terdiri 8 travel yakni Pantravel, Pacto , An nur, Pesona, Anmar Binawisata, Gaciken dan Tazkiyah Tour

Editor: Mansur AM
Citizen Reporter
Jamaah Konsorsium Haji asal Sulsel tiba di Jeddah, 5 Juli 2022 

TRIBUN-TIMUR.COM, JEDDAH - Konsorsium Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus (Himpuh) memberangkatkan 90 calon jamaah haji dengan protokol kesehatan super ketat.

Direktur Utama Tazkiyah Travel, Ahmad Yani Fachruddin mengatakan jamaah didampingi dokter yang rutin mengobrol kesehatan jamaah tiap saat.

Himpuh terdiri 8 travel yakni Pantravel, Pacto , An nur, Pesona, Anmar Binawisata, Gaciken dan Tazkiyah Tour and Travel.

Menurut Yani, pemberangkatan calon jamaah haji tahun 2022 jauh lebih ketat dari tahun sebelumnya akibat covid-19.

"Tentunya kita ingin tamu tamu Allah dapat beribadah dengan khusyuk makanya sejak 2019 hingga 2022 Tazkiyah selalu membawa dokter pendamping kesehatan jamaah mulai persiapan keberangkatan, saat di tanah suci hingga kembali ke tanah suci. Intinya kita ingin melayani secara maksimal jasmani dan rohani jamaah dengan satu tujuan bersama menjadi haji mabrur, kata Yani.

Pembimbing Haji Konsorsium Himpuh Ustaz Salahuddin Ayub melihat jamaah calon haji sudah paham bahwa kesehatan itu amat penting saat berhaji di tanah suci.

"Apalagi ini masa transisi new normal ke normal pandemik covid-19 apalagi menjelang wukuf di Arafah dan mabit di Muzdalifah dan Mina,"ujar Salahuddin.

Tim medis dr Wachyudi Muchsin foto bersama di bandara sebelum menuju Jeddah
Tim medis dr Wachyudi Muchsin foto bersama di bandara sebelum menuju Jeddah (Citizen Reporter)

Sebulan sebelum keberangkatan seluruh calon jamaah haji sudah di lakukan medical check up mulai darah rutin, EKG, foto thorax dan sudah wajibkan olah raga ringan secara rutin 15-20 agar saat menunaikan ibadah haji tidak kewalahan sebab aktifitas fisik sangat tinggi dengan suhu serta makanan sangat berbeda dengan indonesia.

Selama sebulan penuh seluruh jamaah setiap hari di lakukan pemeriksaan kesehatan serta senam ringan dengan pola makan diatur dengan menu seimbang seperti perbanyak makan buah serta minum air putih hindari air dingin.(*)

dr Wachyudi Muchsin

Tim medis Tazkiyah Travel

Melaporkan dari Jeddah

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved