Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Moeldoko Minta Semua Pihak Maafkan Kesalahan Tjahjo Kumolo Semasa Hdup

Politisi PDI Perjuangan itu meninggal setelah dirawat selama hampir dua pekan di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat

Editor: Muh. Irham
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reforrmasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO). Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022) pukul 11.00. 

JAKARTA, TRIBUN-TIMUR.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal pada Jumat (1/7). Politisi PDI Perjuangan itu meninggal setelah dirawat selama hampir dua pekan di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, lantaran komplikasi organ dalam yang dideritanya.

Kabar meninggalnya Tjahjo pertama kali disampaikan politisi PDIP, Junimart Girsang.

“Tadi jam 11.10 beliau berpulang ke HaribaanNya,” kata Junimart lewat pesan singkat. Kabar itu kemudian dibenarkan oleh putri sulung Tjahjo, Rahajeng Widyaswari atau Ajeng. "Saya mewakili keluarga Pak Tjahjo membenarkan berita bahwa bapak sudah berpulang hari ini, hari Jumat, sekitar jam 11 lebih," kata Ajeng di RS Budi Waluyo.

Dari RS Abdi Waluyo jenazah mantan Sekretaris Jenderal PDIP itu kemudian dibawa ke rumah dinas di Komplek Widya Chandra untuk dimandikan. Di sana sejumlah tokoh dan pejabat sudah menanti. Di antaranya Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Menteri Sosial Trirismaharini, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Kemudian Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Hadir pula Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadhil Imran, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ariza Patria, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, Menteri ESDM Arifin Tasrif, hingga Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla.

KSP Moeldoko dalam kesempatan itu mengaku sangat berduka atas meninggalnya Tjahjo.

"Saya sekeluarga turut berduka cita atas meninggalnya sahabat saya bapak Tjahjo Kumolo. Saya berdoa mudah-mudahan beliau masuk surga," kata Moeldoko.

Ia berharap masyarakat Indonesia dapat memaafkan kesalahan dari Tjahjo Kumolo selama hidup.

"Yang jelas kita semua bangsa Indonesia kehilangan bangsa besar tokoh nasional," ucap Moeldoko.

Moeldoko memastikan Presiden Joko Widodo juga sudah mengetahui kabar wafatnya Tjahjo. Diketahui Presiden Jokowi sedang berada Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA), usai melakukan lawatan ke beberapa negara di Eropa, termasuk Ukraina dan Rusia.

"Yang pastinya sudah tahu," kata Moeldoko.

Jusuf Kalla (JK) yang turut menyambangi rumah duka Tjahjo Kumolo mengenang Tjahjo sebagai sosok yang baik. "Beliau orang baik. Baik dalam bekerja maupun dalam pergaulan dalam kehidupan sehari-hari sangat baik sekali. Untuk itu kita sangat kehilangan. Mudah Khusnul Khatimah," ucap JK.

JK juga menceritakan kisahnya bersama Tjahjo saat ia masih menjabat sebagai Wapres. Saat itu, Tjahjo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI. Selama menjabat sebagai Mendagri, Tjahjo Kumolo kata JK merupakan menteri yang bekerja secara teliti dan hati-hati.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved