Lembaga Koalisi Seni Advokasi Kebijakan Kebebasan Berkesenian

Maka dari itu, lahirlah Lembaga Koalisi Seni sebagai satu-satunya organisasi di Indonesia yang memperjuangkan kebebasan berkesenian.

Penulis: Darullah | Editor: Saldy Irawan
TRIBUN-TIMUR.COM/DARULLAH
Koordinator Jejaring Anggota Individu Dan Lembaga Koalisi Seni, Oming Putri. 

TRIBUNTIMUR.COM, MAKASSAR - Pemajuan Kebudayaan dan Kebebasan Berkesenian adalah hal penting intuk keberlanjutan keberagaman kesenian di Indonesia.

Maka dari itu, lahirlah Lembaga Koalisi Seni sebagai satu-satunya organisasi di Indonesia yang memperjuangkan kebebasan berkesenian.

Koordinator Jejaring Anggota Individu Dan Lembaga Koalisi Seni, Oming Putri memaparkan bahwa Koalisi Seni adalah organisasi non profit yang fokusnya di advokasi kebijakan seni.

"Dengan kita melakukan advokasi kebijakan publik, maka dampaknya bisa sistemic untuk masyarakat luas dan dengan mengadvokasi kita dapat memastikan partisipasi masyarakat dalam penyusunan kebijakan di tingkat pemerintah pusat, atau pemerintah daerah," kata Oming pada program live YouTubu TribunTimur.com, Senin (27/6/2022).

"Kerjanya ini berlangsung muali 2012, dan tahun ini merupakan tahun ke-10 Koalisi Seni," bebernya.

"Dan Koalisi Seni ini memang sudah besar saat ini, karna ada 333 anggota individu, ataupaun lembaga yang tegabung ke dalam Koalisi Seni di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Pihaknya memaparkan Koalisi Seni lahir dengan tujuan supaya kebijakan pemerintah berpihak pada kepentingan dan kebutuhan ekosistem seni.

Kemudian selanjutnya berkaitan dengan kemajuan kebudayaan dan kebebasan berkesenian di Indonesia.

"Ketika membicarakan pemajuan kebudayaan, sekarang kita sudah punya dasar hukum yaiti UU Pemajuan Kebudayaan yang telah diadvokasi Koalisi Seni sejak 2014 sampai sekarang," paparnya.

Karna kalau kita membicarakan Undang-undang tidak hanya sebatas sampai di situ saja, kata Oming, akan tetapi juga terkait peraturan turunannya, supaya bisa diimplementasikan oleh pemerintah hingga tingkat kabupaten atau kota.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved