Sekolah Lapang Iklim

Kabupaten Barru Jadi Lokus Sekolah Lapang Iklim BMKG

Sekolah Lapang Iklim diletakkan di Kabupaten Barru karena Barru memiliki Luas Tambah Tanam (LTT) positif dan produktif.

Penulis: Darullah | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/DARULLAH
Kepala Dinas Pertanian Barru, Ahmad. Pertanian Kabupaten Barru menjadi lokus Sekolah Lapang Iklim (SLI) dari BMKG Pusat. 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Pertanian Kabupaten Barru menjadi lokus Sekolah Lapang Iklim (SLI) dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat.

BMKG memilih barru sebagai lokus SLI dengan mengusung tema 'Mewujudkan Ketahanan Pangan Berbasis Cuaca dan Iklim'.

Kepala Dinas Pertanian Barru, Ahmad, Rabu (22/6/2022), menjelaskan BMKG memilih Barru sebagai lokus SLI berdasarkan kriteria penilaian tertentu.

"Sekolah Lapang Iklim diletakkan di Kabupaten Barru karena Barru memiliki Luas Tambah Tanam (LTT) positif dan produktif," ujarnya.

"Sehingga pengaturan dan peletakan pola tanam LBH efisien yang berdampak pada peningkata Indeks Pertanaman (IP) lebih berkembang," lanjut Ahmad.

Lokus SLI juga dalam rangka pelayanan BMKG terhadap penyajian data, informasi pelayanan jasa meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika yang akurat, tepat sasaran, tepat guna, cepat, lengkap, dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Alhamdulillah ini rejeki buat Petani di Barru karena hasilnya akan kita lihat dan jadikan rujukan bersama untuk kemajuan pertanian khususnya untuk menyusun pola tanam produktif dan efektif," jelasnya.

"Tentunya program ini akan berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat petani," ungkapnya.

Ia pun mengapresiasi atas kesediaan program BMKG untuk memusatkan Sekolah Lapang Iklim untuk kepentingan semua pihak khususnya pertanian daerah.

"Karena tentunya program seperti ini akan membawa pengetahuan baru kepada para petani di Barru," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved