Citizen Reporter

Jernihkan Air di Kampung Kera-Kera, Farmasi Unhas Manfaatkan Produk Flocculating Agent

Fakultas Farmasi Unhas mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dan program bina desa mahasiswa dengan memanfaatan produk flocculating agent.

Penulis: CitizenReporter | Editor: Hasriyani Latif
citizen reporter/afdil
Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dan program bina desa mahasiswa dengan memanfaatan produk flocculating agent sebagai upaya penjernihan air di Kampung Kera-Kera, Kelurahan Tamalanrea Indah, Makassar, Rabu (22/6/2022). Warga kampung Kera-Kera sudah cukup lama mengeluhkan kondisi air bersih yang masih sulit di wilayahnya. 

Laporan Citizen Reporter

Apt. Afdil Viqar Viqhi, Dosen Fakultas Farmasi Unhas

TRIBUN-TIMUR.COM - Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dan program bina desa mahasiswa dengan memanfaatan produk flocculating agent sebagai upaya penjernihan air di Kampung Kera-Kera, Kelurahan Tamalanrea Indah, Makassar, Rabu (22/6/2022).

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Kampung Kera-Kera Tamalanrea. Warga kampung Kera-Kera sudah cukup lama mengeluhkan kondisi air bersih yang masih sulit di wilayahnya.  

Untuk keperluan sehari-hari, warga mengandalkan air sungai yang keruh dan saat memasuki musim kemarau, maka warga akan mengambil air sumur di tempat yang lebih jauh.

Sementara jika warga ingin membuat sumur, mereka harus menggali hingga kedalaman 15 meter, namun air yang diperoleh terasa asin karena kandungan mineral yang melebihi batas normalnya.

Tim mahasiswa dan dosen Fakultas Farmasi melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul 'Pemanfaatan produk flocculating agent sebagai upaya penjernihan air di Kampung Kera-Kera, Kelurahan Tamalanrea Indah, Makassar'.

Tujuannya untuk memberikan solusi terkait masalah air bersih yang dihadapi warga Kampung Kera-Kera.

Produk flocculating agent ini merupakan hasil penelitian tim mahasiswa yang berhasil meraih pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021 dengan dosen pendamping Muhammad Raihan.

Produk PKM tersebut memformulasikan sediaan serbuk yang praktis digunakan untuk penjernihan air yang tercemar.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved