Tumbuhkan UMKM, Desa Waetuwo Wajo Jadi Desa Wisata Program Kemendes

Pengembangan Desa Waetuwo jadi desa wisata digagas oleh politisi Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras sejak 2020 lalu.

Penulis: Ari Maryadi | Editor: Waode Nurmin
Dokumentasi
Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Pedesaan Kementerian Desa PDTT, Nur Said meninjau lokasi pengembangan Desa Wisata di Desa Waetuwo Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo, Jum’at 17 Juni 2022. 

TRIBUN-TIMUR.COM, WAJO - Desa Waetuwo Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo kini ditetapkan jadi desa wisata oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Desa Waetuwo jadi yang pertama di Kabupaten Wajo ditetapkan jadi pengembangan Desa Wisata.

Desa Waetuwo kini jadi binaan Kementerian Desa PDTT.

Pengembangan Desa Waetuwo jadi desa wisata digagas oleh politisi Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras sejak 2020 lalu.

AIA menjabat Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang bermitra dengan Kementerian Desa PDTT.

Program Pengembangan Desa Wisata merupakan yang pertama kalinya masuk di Kabupaten Wajo.

"Ini desa pertama di Wajo kami usulkan di Kemendes untuk mendapatkan program ini. Dua tahun ini kita perjuangkan dan kita kawal di pusat, akhirnya program ini bisa masuk di Wajo," kata Andi Iwan Sabtu (18/5/2022).

Andi Iwan terus berkomitmen terhadap pembangunan infrastruktur dan pengembangan pariwisata di Sulawesi Selatan, salah satunya di Kabupaten Wajo.

Andi Iwan berharap, hadirnya desa wisata ini bisa membangkitkan perekonomian pasca pandemi covid 19, membuka lapangan kerja seluas luasnya bagi masyarakat sekitar, dan menumbuhkan UMKM.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Waetuwo, Andi Muhammad Amin.

Ia menyampaikan rasa bangganya atas program Pengembangan Desa Wisata yang menyasar desanya.

"Suatu kesyukuran bagi kami sebagai Pemerintah dan Masyarakat Desa Waetuwo karena dari 2 tahun yang lalu kami mencoba usulkan dan menanti program ini. Dan Alhamdulillah di tahun ini baru terwujud," katanya.

Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Pedesaan Kementerian Desa PDTT, Nur Said meninjau lokasi pengembangan Desa Wisata di Desa Waetuwo Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo, Jum’at 17 Juni 2022.(cr2)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved