Gramedia

Makin Aman Beraktivitas di Era New Normal, Penerapan Protokol Kesehatan Baik dan Vaksinasi Meningkat

Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik ( BPS ), hingga 15 Maret 2022, efektivitas penyampaian informasi dan edukasi protokol kesehatan

Editor: Edi Sumardi
GRAMEDIA
Pengunjung toko Gramedia memindari QR code PeduliLindungi sebelum masuk ke toko. Ini sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19 yang baik. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kerja sama pemerintah dengan masyarakat kian meningkat dalam menghadapi Covid-19.

Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik ( BPS ), hingga 15 Maret 2022, efektivitas penyampaian informasi dan edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat Indonesia sudah mencapai 91 persen.

Demikian hasil survei Centre for Strategic and International Studies ( CSIS ) Indonesia.

Berdasarkan hasil survei mulai dari periode  Januari 2021, rata-rata 90,5 persen dari total jumlah ruang publik seperti rumah ibadah, swalayan, pertokoan, mal, sekolah, pasar modern, dan pasar tradisional di kota-kota besar Indonesia, sudah menyediakan fasilitas protokol kesehatan seperti fasilitas mencuci tangan yang memadai, cek suhu, serta screening melalui aplikasi PeduliLindungi.

Survei tersebut juga mencatat frekuensi upaya masyarakat melaksanakan protokol kesehatan di ruang publik, sudah cukup baik.

Pada frekuensi upaya masyarakat menggunakan masker, dan menggunakan fasilitas mencuci tangan di ruang publik, sudah mencapai lebih dari 90 persen.

Baca juga: Ada Promo Gramedia Sahabat Sekolah, Diskon 50 Persen Paket Belajar dan Alat Tulis

Kemudian, upaya lainnya seperti menjaga jarak minimal 1 meter, menghindari kerumunan, menghindari menyentuh bagian wajah sebelum mencuci tangan, serta menghindari kontak erat dengan orang yang sakit, sudah mencapai 81,8 persen.

Vaksinasi Covid-19 meningkat

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan atau Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmidzi menyebutkan bahwa hingga 2 Maret 2022, laju percepatan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Indonesia terus meningkat.

Sebanyak 190.979.676 (91,70 persen) penduduk Indonesia sudah diberikan vaksin pertama.

Selanjutnya untuk vaksinasi dosis kedua sudah diberikan kepada 144.565.875 (69,41 persen) penduduk.

Sementara itu, untuk vaksinasi dosis ketiga (booster) sudah diberikan kepada 10.249.634 (4,92 persen) penduduk Indonesia.

Pemerintah saat ini sudah mulai menyiapkan perubahan skenario dari pandemi Covid-19, menuju endemi.

Kemenkes menyatakan bahwa percepatan tingkat vaksinasi, serta perluasan protokol kesehatan, akan mempercepat proses menuju endemi.

Tidak hanya itu, peran penting masyarakat dalam membantu pemerintah untuk tetap menjalankan protokol kesehatan di ruang publik sangat diperlukan.

Di sisi lain, ruang publik seperti toko Gramedia juga sudah mendukung ketersediaan fasilitas dan penerapan protokol kesehatan yang memadai, demi kenyamanan dan keamanan bersama di era “New Normal”.(*)

Baca berita terbaru dan menarik lainnya di Tribun-Timur.com via Google News atau Google Berita

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved