Bukan Ukraina, Amerika Serikat (AS) Akan Angkat Senjata Jika Negara ini Diserang

Amerika Serikat (AS) Tak Akan Segan-segan Angkat Senjata Jika Negara ini Diserang

Editor: Ilham Arsyam
BBC
Joe Biden, Presiden Amerika Serikat 

TRIBUN-TIMUR.COM - Suhu politik global memanas selama invasi Rusia ke Ukraina.

Hal ini disebut bakal memicu perang dunia ke-3, apalagi jika sampai Amerika Serika terlibat langsung dalam perang.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan pada Senin (23/5/2022) bahwa AS akan campur tangan secara militer jika Cina mencoba mengambil Taiwan dengan paksa.

Akan tetapi, seperti dilansir CNN, Gedung Putih menyangsikan komentar tersebut, dengan mengatakan bahwa hal itu tidak mencerminkan perubahan dalam kebijakan AS.

Ini ketiga kalinya dalam beberapa bulan terakhir Biden mengatakan AS akan melindungi Taiwan dari serangan Cina, tapi Gedung Putih membantah pernyataan itu.

Selama konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Biden ditanya apakah AS bersedia melangkah lebih jauh untuk membantu Taiwan jika terjadi invasi, serta perbedaannya dengan sikap AS pada Ukraina.

"Anda tidak ingin terlibat dalam konflik Ukraina secara militer karena alasan yang jelas. Apakah Anda bersedia terlibat secara militer untuk membela Taiwan jika itu terjadi?" seorang reporter bertanya.

"Ya," jawab Biden. "Itulah komitmen yang kami buat."

"Kami setuju dengan kebijakan Satu Cina. Kami menandatanganinya, dan semua perjanjian yang menyertainya dibuat dari sana, tetapi gagasan bahwa Taiwan dapat diambil dengan paksa tidak tepat," katanya Biden.

Di bawah kebijakan "Satu Cina", AS mengakui posisi Cina bahwa Taiwan adalah bagian dari Cina, tetapi tidak pernah secara resmi mengakui klaim Beijing atas pulau berpenduduk 23 juta jiwa itu.

AS menyediakan senjata pertahanan Taiwan, tetapi dengan sengaja tetap ambigu terkait apakah akan campur tangan secara militer jika terjadi serangan Cina.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Joe Biden Sebut AS akan Angkat Senjata Bela Taiwan Jika Diserang China, Gedung Putih Membantah 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved