Bunga Tapak Dara

Mengenal Bunga Tapak Dara, Tanaman Liar yang Bermanfaat Cegah Kanker

Padahal, di dunia pengobatan, bunga yang satu ini sangat populer. Tanaman ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Editor: Muh. Irham
int
Bunga Tapak Dara 

TRIBUN-TIMUR.COM - Bunga tapak dara selama ini hanya dijadikan sebagai hiasan di pekarangan. Bahkan, tanaman yang satu ini biasanya hanya dianggap sebagai tanaman biasa dan tidak memiliki nilai jual yang tinggi.

Padahal, di dunia pengobatan, bunga yang satu ini sangat populer. Tanaman ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Menurut hasil penelitian, bunga tapak dara bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes. 

Para penggemar tanaman hias pasti sudah tidak asing dengan tanaman tapak dara. Sebab, tanaman ini kerap dijadikan tanaman untuk menghiasi pekarangan. 

Asal tahu saja, tapak dara sering disebut tanaman liar sebab bisa tumbuh di mana saja. 

Tapak dara merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah. Tanaman tapak dara memiliki bunga dengan warna beragam yakni putih, merah muda, ungi, dan biru. 

Daun tapak dara berwarna hijau dan berbentuk bulat telur serta memiliki tangkai daun yang pendek.  Selain cantik, ternyata tapak dara bermanfaat sebagai obat herbal penumpas sejumlah penyakit berat sampai ringan. 

Melansir dari buku berjudul Diabetes Kandas Berkat Herbal, tapak dara mengandung vincristine, vinblastine, reserpine, vidoline, dan senyawa aktif lainnya. 

Berdasarkan buku berjudul Bebas Diabetes Ala Hembing, tapak dara memiliki efek farmakologis menurunkan kadar gula, tekanan darah, antikanker, dan menghentikan pendarahan. 

Manfaat tapak dara

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved