Cara Farid Kasim Judas Tingkatkan Kualitas SDM Wirausaha di Palopo

Kepala BKPSDM Palopo, Farid Kasim Judas membuka pelatihan berbasis kompetensi program pendidikan dan pelatihan vokasi tahun anggaran 2022.

Editor: Sudirman
Pemkot Palopo
Kepala BKPSDM Palopo, Farid Kasim Judas membuka pelatihan berbasis kompetensi program pendidikan dan pelatihan vokasi tahun anggaran 2022. 

TRIBUN-TIMUR.COM, PALOPO - Kepala BKPSDM Palopo, Farid Kasim Judas membuka pelatihan berbasis kompetensi program pendidikan dan pelatihan vokasi tahun anggaran 2022.

Farid Kasim Judas hadir mewakili Wali Kota Palopo, Judas Amir.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh UPT Balai Latihan Kerja Kota Palopo di aula BLK Palopo, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Berkah Lebaran, Penyedia Sewa Mobil Mainan di Palopo Bisa Kantongi Rp 1 Juta perhari

Baca juga: Inilah Keindahan Kambo, Kelurahan di Palopo Masuk 50 Besar Nominasi ADWI 2022

Ada lima kejuruan ikut pelatihan yaitu, servis sepeda motor injeksi, operator computer asistant, penjahitan pakaian dan mesin, pembuatan roti dan kue serta tata rias kecantikan.

Jumlah peserta sebanyak 80 orang  terdiri dari 16 orang disetiap kejuruan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Asmiati mengatakan, tujuan pelaksanaan ini untuk membuka wawasan dan meningkatkan kompetensi serta memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi peserta.

Hal ini juga dapat memberikan pelajaran bagi peserta di dunia usaha dan industri sehingga bisa menjadi wirausaha yang akan membuka lapangan kerja.

Kepala BKPSDM Kota Palopo, Farid Kasim Judas menyampaikan, agar jangan pernah bergantung pada perusahaan karena tujuan dari pada sebuah pendidikan berbasis kompetensi tidak bergantung pada perusahaan.

Tapi bagaimana caranya pelatihan ini dapat melalui tes tenaga kerja yang memiliki SDM skill yang bisa memberikan pelayanan apa yang dibutuhkan masyarakat kita.

Pelatihan ini dilaksanakan oleh pemerintah yang telah diberikan ilmu, SDM dimantapkan kompetensi oleh Kementerian tenaga kerja melalui Pemerintah Daerah.

Setelah keluar dari pelatihan ini, harus memiliki poin dari yang tidak paham menjadi paham.

Sehingga bisa bermanfaat bagi sesama manusia.

"Semoga kegiatan ini melahirkan sebuah solusi permasalahan dari tenaga kerja," ujar Farid Kasim Judas.

Tenaga kerja menjadi problematika seluruh daerah, sehingga harus menghadirkan pelayanan yang baik, menciptakan sebuah solusi yang menjadi kebutuhan dari masyarakat.

Turut dihadiri Kepala BLK Kota Palopo Edwan, Kepala bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palopo Wahyudin, S.AN Serta Para Peserta Pelatihan. (*)

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved