Idul Fitri 2022

Warga Muslim Kota Kitakyushu Gelar Sholat Idulfitri dan Halalbihalal Pertama di Masjid Kitakyushu

Selain Warga Negara Indonesia (WNI), terdapat pula muslim dari Malaysia, Bangladesh, Syria, dan Arab Saudi. 

Editor: AS Kambie
dok.tribun
Umat Islam asal Indonesia dan beberapa negara lainnya usai melaksanakan Shalat Idulfitri di Kota Kitakyushu, Jepang, Senin (2/5/2022) pagi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Sekitar 150 warga muslim di Kota Kitakyushu, Fukuoka, Jepang,  melaksanakan Sholat Idulfitri Senin (2/5/2022) di Masjid Kitakyushu untuk pertama kalinya.

Sebelumnya, di masa pandemi muslim di Kota Kitakyushu merayakan shalat Ied secara terpisah di beberapa titik lokasi untuk meminimalkan risiko penularan virus.

Di tahun-tahun sebelumnya ibadah Sholat Idulfitri dilaksanakan secara bersama dengan meminjam tempat, seperti fasilitas kampus atau memanfaatkan ruang luar di taman-taman kota.

Kehadiran masjid yang pertama kali digunakan pada 25 Maret 2022 ini merupakan kesyukuran bagi umat muslim di kota yang terletak di sebelah utara Pulau Kyushu ini. 

Warga muslim yang hadir sebagian besar adalah warga Indonesia yang menetap di Kota Kitakyushu sebagai Kenshusei (pemagang), Tokutei Gino (pekerja ahli), Gakusei (pelajar) dan pekerja swasta.

Mereka hadir dari beberapa lokasi (kecamatan) seperti Wakamatsu, Kurate, Yahata, Nakama dan lainnya.

Selain Warga Negara Indonesia (WNI), terdapat pula muslim dari Malaysia, Bangladesh, Syria, dan Arab Saudi. 

Panitia Pelaksana Sholat Idulfitri, Dadang Hartabela, mengaku sangat bersyukur kegiatan Ied Fitri ini berjalan lancar, karena akhirnya bisa dilaksanakan lagi bersama-sama.

Sebagaimana diketahui sejak dua tahun terakhir, hampir di semua negara tidak dapat melaksanakan sholat berjamaah dikarenakan pandemic covid-19. 

“Alhamdulillah, berjalan lancar, sangat mengharukan karena bisa lagi bersama-sama dan khidmat,” kata Dadang Hartabela, yang juga mahasiswa program Doktor di Universitas Kitakyushu usai acara. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved