Cerita Alfiah Najla Reskia Rachmat, Siswi SMP 13 Tahun Penghafal Al Quran 30 Juz di Bulan Ramadan

Najla dinyatakan oleh Dewan Guru sebagai penghafal Al Quran bertepatan perayaan Hari Kartini.

Editor: Waode Nurmin
Dokumentasi
Alfiah Najla Reskia Rachmat, santri kelas 1 SMP Nurul Fikri Boarding School Makassar yang hafal 30 Juz Al Quran di Bulan Ramadan 

TRIBUN-TIMUR.COM- Berkah Ramadhan bisa datang kepada siapa saja dan kapan saja.

Allah SWT akan memberikannya kepada hamba yang diinginkannya.

Demikian pula kepada Alfiah Najla Reskia Rachmat, santri kelas 1 SMP Nurul Fikri Boarding School Makassar yang dilahirkan di Makassar, 20 Mei 2009 lalu.

Di usianya yang hampir mencapai 13 tahun, Najla demikian panggilan akrabnya dinyatakan sebagai Hafizah Quran atau penghafal Al Quran 30 Juz memasuki hari ke 20 bulan Ramadhan, hari Kamis (21/04/2022).

Najla dinyatakan oleh Dewan Guru sebagai penghafal Al Quran bertepatan perayaan Hari Kartini.

Puteri bungsu dari 5 bersaudara pasangan Abdul Rachmat Noer dan Hidajah Ide Said, Dirut PT Biringkassi Raya (Group Semen Tonasa) melengkapi hafalan surahnya sebanyak 30 Juz.

Alfiah Najla Reskia Rachmat, santri kelas 1 SMP Nurul Fikri Boarding School Makassar1
Alfiah Najla Reskia Rachmat, santri kelas 1 SMP Nurul Fikri Boarding School Makassar yang hafal 30 Juz Al Quran di Bulan Ramadan

Najla menghafal 30 juz setelah mengikuti program kelas tahassus di SMP NFBS Makassar.

Tidak sampai satu tahun, dia telah merampungkan hafalannya sebanyak 30 Juz melalui pengawasan dan evaluasi dari para Ustadz dan Uztadzah yang membimbingnya di asrama sekolah.

Setiap hari Najla yang tergabung di kelas Tahassus penghapal Al Quran diwajibkan menghafal puluhan lembar halaman dari setiap halaman Kitab Suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Metode sepeti ini telah terbukti banyak melahirkan penghapal Quran di sekolah-sekolah Tahfiz.

Memasuki hari ke 20 Ramadhan tepatnya pada hari Kamis, Najla telah merampungkan hafalannya sebanyak 30 Juz.

Bulan yang juga merupakan bulan Al Quran karena dibulan ini ummat Islam di sunnahkan untuk memperbanyak bacaan Al Quran, memahami serta mengamalkannya kandungan isi Al Quran.

Keberhasilan Najla menghafal seluruh surah dalam Al Quran tidak berarti tugasnya sudah selesai.

Menurut guru pembinanya, Ustadz Ammar, tugas berikutnya buat Najla adalah mempertahankan hafalan hingga akhir hayat, mentadabburi dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Keberhasilan Najla sebagai Hafizah tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kedua orang tuanya dan seluruh keluarganya.

Karena salah satu keutamaan menghafal Al Qur’an adalah memperoleh syafaat tidak hanya untuk dirinya tetapi juga buat seluruh keluarganya.

Sebagaimana dijelaskan dalam beberapa Hadits Nabi, orang tua dan keluarga terdekat penghafal Al Qur’an akan disematkan mahkota dan jubah kelak di hari akhirat. Mereka akan menjadi manusia pilihan disisi Allah SWT.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved