3 Alasan Kenapa Telehealth Bisa Mempermudah Akses Kesehatan Masyarakat Indonesia, Pengganti P3K

Dalam pertemuan tersebut, dibahas juga tiga hal mengapa layanan telehealth bisa mempermudah akses kesehatan.

Penulis: Muh. Abdiwan | Editor: Waode Nurmin
Tangkapan layar YouTube
Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 yang digelar di Solo pekan lalu. Transformasi digital di bidang kesehatan merupakan kebutuhan masyarakat secara global 

TRIBUN-TIMUR.COM MAKASSAR - Terbatasnya akses kesehatan di luar kota besar masih menjadi tantangan industri kesehatan tanah air.

Ketidakmerataan fasilitas kesehatan daerah dibanding kota besar, jumlah dokter spesialis, ketersediaan stok obat dan jumlah apotek, hingga biaya pengobatan masih kerap menjadi kekhawatiran bagi masyarakat daerah untuk mengakses pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Selain itu, kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari negara kepulauan kerap menjadi penghalang bagi infrastruktur untuk bisa menjangkau masyarakat secara merata.

Di saat aktivitas masyarakat harus semakin dibatasi akibat pandemi, teknologi di sektor kesehatan justru menjadi solusi yang memudahkan masyarakat mendapatkan akses layanan kesehatan secara daring seperti konsultasi jarak jauh, apalagi untuk masyarakat di kota tingkat 2 dan 3.

Popularitas telehealth pun semakin meningkat seiring dengan upaya pemerintah untuk menciptakan “rumah sakit tanpa dinding” dan berbagai program kolaborasi yang dilakukan dalam penanganan pandemi seperti program isolasi mandiri yang dibantu telehealth.

Kehadiran telehealth yang memungkinkan konsultasi jarak jauh real time melalui pemanfaatan teknologi, menjadi pertolongan pertama, sehingga sejumlah risiko penyakit dapat diminimalisir dan kasus gawat darurat bisa ditekan.

Ketua PB Ikatan Dokter Indonesia, dr. Moh. Adib Khumaidi mengatakan, transformasi digital di bidang kesehatan merupakan kebutuhan masyarakat secara global yang disampaikan dalam acara Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 di Solo beberapa hari lalu.

Indonesia memiliki ekosistem teknologi yang kuat sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai upaya dalam mendukung dan mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat termasuk di daerah.

Teknologi di sektor kesehatan menjadi solusi yang memudahkan masyarakat mendapatkan akses layanan kesehatan secara daring dan real time. seperti konsultasi jarak jauh.

Tidak hanya kemudahan akses konsultasi dengan dokter, ketersediaan dan integrasi apotek dengan telehealth juga memiliki peran dalam memberikan layanan kesehatan berkualitas yang merata di kota tingkat dua dan tiga.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved