Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari Ternyata Bisa Panjangkan Umur dan Atasi Penyakit, Riset Buktikan

Minum kopi pada pagi hari bagi sebagian orang sudah menjadi kebiasaan. Sadarkah jika minum kopi di pagi ternyata amat banyak manfaatnya bagi kesehatan

Editor: Edi Sumardi
FREEPIK
Ilustrasi kopi dan manfaat ngopi setiap hari untuk kesehatan. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Minum kopi pada pagi hari bagi sebagian orang sudah menjadi kebiasaan. 

Selain untuk menghilangkan rasa kantuk, minum kopi juga bisa menjadi mood booster, terlebih bagi yang akan menjalani aktivitas yang berat.

Tak hanya aktivitas yang menguras tenaga, namun juga yang menguras otak atau beban pikiran.

Ngomong-ngomong, sadarkah Anda jika minum kopi di pagi ternyata amat banyak manfaatnya bagi kesehatan?

Manfaatnya tersebut sudah dibuktikan melalui riset dan ini bisa meyakinkan kita semua soal seberapa pentingnya ngopi harus menjadi rutinitas.

Jika tak sempat ke kedai kopi, Anda bisa menyeduh sendiri kopi di rumah sesuai dengan takaran.

Akan lebih praktis lagi jika memesan melalui aplikasi.

Kembali lagi soal manfaat kopi bagi kesehatan dan hasil risetnya, menurut sebuah riset yang dipresentasikan di Sesi Ilmiah Tahunan ke-71 American College of Cardiology, minum kopi — terutama 2-3 cangkir sehari — dapat mengurangi risiko penyakit jantung yang lebih rendah dan ritme jantung yang berbahaya.

Para peneliti mengatakan analisis — yang terbesar untuk melihat peran potensial kopi dalam penyakit jantung dan kematian — memberikan kepastian bahwa kopi yang selama ini dianggap buruk untuk kesehatan jantung sebenarnya justru bisa melindungi jantung.

"Karena kopi dapat mempercepat detak jantung, beberapa orang khawatir meminumnya dapat memicu atau memperburuk masalah jantung tertentu. Di sinilah saran medis umum untuk berhenti minum kopi mungkin berasal."

Demikian penuturan Peter M Kistler, penulis senior penelitian tersebut, yang juga profesor dan Kepala Penelitian Aritmia di Alfred Hospital and Baker Heart Institute di Melbourne, Australia.

"Data kami juga menunjukkan, asupan kopi setiap hari tidak boleh dihilangkan, melainkan dimasukkan sebagai bagian dari diet sehat untuk orang dengan dan tanpa penyakit jantung."

"Kami menemukan bahwa minum kopi memiliki efek netral — tidak membahayakan — atau dikaitkan dengan manfaat bagi kesehatan jantung," ujar dia.

Tingkat konsumsi kopi

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved