Sekda Barru Abustan Harap Dekopinda Hadir Sebagai Solusi Bagi Masyarakat

Dengan hadirnya koperasi ini, lanjutnya, bahwa dapat secara konkrit mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Penulis: Darullah | Editor: Waode Nurmin
TribunBarru.com/Darullah
Sekda Barru, hadiri pelantikan pengurus Dekopinda di Baruga Singkerru Adae, Rumah Jabatan Bupati Barru, Kamis (24/3/2022). 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Sekda Barru, Abustan menegaskan bahwa Dewan koperasi Indonesia daerah (Dekopinda) Kabupaten Barru harus hadir sebagai solusi atau pemecah masalah bagi masyarkat.

Hal ini pihaknya tegaskan dalam sambutannya mewakili Bupati Barru Suardi Saleh pada pelantikan pengurus Dekopinda Barru masa bakti 2020-2025.

Pelantikan tersebut berlangsung di Baruga Singkerru Adae, Rumah Jabatan Bupati Barru, Jl Jendral Sudirman, Kelurahan Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulsel, Kamis (24/3/2022).

"Dekopinda harus hadir sebagai pemecah masalah dan memberikan solusi terhadap keberadaan koperasi yang ada," harap Abustan.

Pengurus Dekopinda Barru yang di Ketuai Ilham Iskandar dilantik oleh Ketua Dekopinda Provinsi Sulawesi Selatan, H Asrullah Awing yang disaksikan oleh Sekda Barru dan dihadiri Forkopimda dan OPD terkait.

"Pemerintah daerah mengharapkan agar pengurus Dekopinda Barru segera mengakselerasi kegiatan-kegiatannya," katanya.

Seharusnya koperasi lebih besar daripada lembaga-lembaga perbankan lainnya, lanjut Abusan, karena pendirian koperasi berdasarkan rekomendasi bangsa sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945.

"Ini adalah tantangan bagi pengurus Dekopinda," tandasnya.

"Koperasi harus mereposisi sistem kinerjanya dengan cara menjemput bola dan menawarkan produk kepada masyarakat," ujarnya.

"Dan juga bagaimana mendesain koperasi kita menjadi satu kesatuan dalam upaya mensejahterahkan masyarakat," papar Abustan.

Yang paling penting, kata Abustan, bagaimana mendigitalisasi koperasi di Kabupaten Barru dengan mempunyai website sendiri, dalam rangka efisiensi kelembagaan.

Salah satu contohnya koperasi pegawai negeri cukup satu, yang diperbanyak adalah team worknya di setiap kecamatan.

"Kami berharap kepada pengurus Dekopinda agar melakukan inovasi dan langkah-langkah yang kongkrit demi kemajuan koperasi di Kabupaten Barru," pungkasnya.

"Kelangsungan hidup koperasi menjadi yang pertama dan utama, karena itu para pengurus yang telah dilantik bersatu padu secara harmonis bersama-sama menumbuhkembangkan koperasi guna kesejahteraan dan kemaslahatan masyarakat," terangnya.

Dengan hadirnya koperasi ini, lanjutnya, bahwa dapat secara konkrit mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Koperasi juga diharapkan dapat membangkitkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan dibidang ekonomi, utamanya dalam situasi pandemi Covid-19 ini dimana pertumbuhan ekonomi harus diupayakan dengan penuh kerja keras.

Serta turut membantu membangkitkan tatanan perekonomian nasional.

Laporan kontributor TribunTimur.com, Darullah.

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved