Presiden Jokowi Dapat Tanah dari Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar

Tanah dan air diserahkan ke Presiden Jokowi, kemudian disatukan dalam kendi nusantara dan disimpan di titik nol IKN Nusantara

Tribun Timur
Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar membawa tanah dari enam kabupaten di Sulbar ke Ibu Kota Negara (IKN) baru di titik nol, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar membawa tanah dari enam kabupaten di Sulbar ke Ibu Kota Negara (IKN) baru di titik nol, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

Tanah dan air itu diserahkan Ali Baal Masdar ke Presiden RI Joko Windodo yang kemudian disatukan dalam kendi nusantara dan disimpan di titik nol IKN Nusantara.

Air yang dibawa dari Sulbar, diambil dari sungai yang hulunya di daerah Mamasa yang terdapat Gunung Gandang Dewata dan Gunung Mambuliling yang bermuara ke lima kabupaten.

Sedangkan tanah, diambil dari lima titik lokasi di enam kabupaten di Sulawesi Barat.

"Pengambilan air dan tanah tersebut, menggambarkan enam kabupaten di Sulbar yang pada zaman dahulu merupakan konfederasi 14 kerajaan di wilayah Mandar," kata Mustari Mula di kantornya, Jl Abdul Malik Pattana Endeng, Sulbar, Senin (14/3/2022).

"Yaitu tujuh kerajaan di hulu sungai (Pitu Ulunna Salu) dan tujuh kerajaan di muara sungai (Pitu Ba’bana Binanga), yang bermufakat saling menguatkan dalam ikrar yang disebut Sipamandaq," Mustari menambahkan.

Sehingga air dan tanah yang dibawa ke IKN merupakan refresentase wilayah Sulbar yang pada zaman dulu merupakan konfederasi tujuh kerajaan di wilayah pegunungan dan tujuh kerajaan di wilayah pantai.

Sementara, sampel air dan tanah yang dibawa ke titik nol IKN, dilakukan sejak beberapa hari lalu, dan diantar khusus ke Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

“Pengambilan air dan tanah dari beberapa titik lokasi dengan mempertimbangkan makna filosofis dan sejarah Sulbar yang merupakan satu kesatuan dari enam kabupaten,” ujarnya.

Air dan tanah dari Sulbar akan disatukan dengan air dan tanah dari semua provinsi dalam kendi nusantara, selanjutnya disimpan di totik nol ibukota nusantara.(*)

Sumber: Tribun sulbar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved