Infrastruktur Listrik Sulsel

Operasikan 4 Infrastruktur Listrik di Sulsel, PLN: Pariwisata dan Investasi Akan Menggeliat

keempat infrastruktur kelistrikan yaitu Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) Tanete, GI 150 kV Lanna, GI 150 kV Sungguminasa (Extension) dan sutt.

DOK PLN UIP SULAWESI
Pengoperasian empat infrastruktur kelistrikan di Sulawesi Selatan pada Januari 2022. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- PT PLN (Persero) memperkuat keandalan pasokan listrik lewat pengoperasian empat infrastruktur kelistrikan di Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Hal ini merupakan bentuk komitmen PLN mendukung investasi, khususnya pada sektor pariwisata di wilayah tersebut.

Adapun keempat infrastruktur kelistrikan yaitu Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) Tanete, GI 150 kV Lanna, GI 150 kV Sungguminasa (Extension) dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Sungguminasa-Lanna.

Pengoperasian empat infrastruktur kelistrikan tersebut ditandai dengan pemberian tegangan (energize) pada Januari 2022.

Demikian disampaikan General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Defiar Anis.

"Beroperasinya infrastruktur ini akan memperkuat sistem kelistrikan, sehingga dapat mengembangkan potensi perekonomian melalui sektor pariwisata," katanya via rilis, Rabu (2/2/2022). 

GI 150kV Tanete memiliki kapasitas transformator sebesar 30 Mega Volt Ampere (MVA) yang bisa digunakan untuk melistriki lebih dari 18.000 pelanggan baru.

"Dalam pembangunan GI 150kV Tanete menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang mencapai persentase sebesar 66 persen, melebihi standar yg ditetapkan oleh pemerintah melalui peraturan Kementerian Perindustrian," ucapnya.

Pasokan listrik dari GI 150 kV Tanete akan menambah pasokan listrik yang disalurkan ke Kawasan Wisata Tanjung Bira sehingga menjadi lebih andal. Sebelumnya kawasan tersebut hanya dipasok dari GI Bulukumba.

Diketahui, Kawasan Wisata Tanjung Bira memiliki banyak potensi pengembangan karena memiliki beberapa pantai yang indah, pengrajin pembuatan perahu Phinisi dan kerajinan tenun.

"Potensi pengembangan tersebut berhasil menarik sejumlah investor, hal ini terlihat dari pertumbuhan beban kelistrikan dan penambahan jumlah pelanggan di Kawasan Wisata Tanjung Bira,” tuturnya.

Baca juga: PLN Optimalkan Layanan Ketenagalistrikan di Buton Selatan

Untuk tiga infrastruktur antara lain;

GI 150 kV Lanna yang berlokasi di Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa memiliki kapasitas trafo sebesar 30 Mega Volt Ampere (MVA).

GI 150 kV Sungguminasa yang berlokasi di Jl Bakolu Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa memiliki 2 Line Bay.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved