Pemprov Maluku

Februari 2022, Pemprov Maluku Gelar Forum Investasi dan Eksibisi di Sulsel

Pameran ini akan berlangsung pada 4 hingga 6 Februari 2022 dengan dua agenda yakni pameran produk UMKM dan Forum Bisnis dan Investasi 

Penulis: Siti Aminah | Editor: Saldy Irawan
tribuntimur.com/siti aminah
Konferensi pers Maluku Baileo Exhibition di Hotel Four Point Makassar, Jumat (21/1/2022).   

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Maluku akan melakukan eksibisi bertajuk Maluku Baileo Exhibition di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Pameran ini akan berlangsung pada 4 hingga 6 Februari 2022 dengan dua agenda yakni pameran produk UMKM dan Forum Bisnis dan Investasi 

Giat ini berlangsung di dua tempat yakni di Mal Ratu Indah untuk pameran produk UMKM dan Hotel Four Point Makassar untuk agenda forum bisnis dan investasi.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Dekranasda Provinsi Maluku untuk memberi stimulus para pelaku UMKM Maluku agar berdaya saing.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Maluku, Suryadi Sabirin mengatakan, alasannya memilih Sulsel karena pihaknya sekaligus akan melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Pemprov Sulsel pada 5 Februari mendatang.

"Kita akan menindaklanjuti perpanjangan kerjasama dan akan memfollow up bagaimana mempercepat kerjasama di Sulsel," ucapnya.

Ia menambahkan, eksibisi ini akan terus berlanjut di provinsi lain, kenapa Sulsel lebih dulu karena Sulsel sebagai salah satu gerbang ekonomi terbaik di Indonesia Timur.

"Target awal Makassar dulu, kita akan lakukan proyeksi kedepan untuk mengeksiskan usaha kecil menengah utamanya di sektor investasi," tuturnya.

Sebanyak 65 pelaku UMKM akan mempromosikan dan memasarkan produknya dalam eksibisi ini, masing-masing dengan keunggulan dan ciri khas Maluku.

Untuk investasi, beberapa potensi investasi yang dibawa ke Makassar, antara lain potensi di sektor perikanan, perindustrian, pertanian, dan pertambangan.

Ia menarget masing-masing sektor minimal digaet oleh 10 investor. 

"Di sektor perdagangan, target kedepan akan kita evaluasi berapa jumlah pembeli dan berapa yang sudah terjalin kerjasama," tuturnya.

Inilah komitmen dari pemerintah Maluku untuk menaikkan kelas UMKM dan juga menarik investor masuk, karena 2021 lalu Maluku terpilih sebagai provinsi dengan investasi terbaik.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Prov. Maluku, Widya Pratiwi Murad menyampaikan, pameran produk ini  dilakukan untuk mendorong percepatan penetrasi pasar khususnya untuk produk UMKM.

" UMKM harus mampu lebih unggul di tahun 2022. Apalagi percepatan digitalisasi semakin maju dan berkembang," pungkasnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved