Breaking News:

Citizen Reporter

Perubahan Besar di Sidrap Setelah Adanya Undang-undang Desa

TANGGAL 15 Januari 2014 ditandai lahirnya dan disahkannya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang telah berjalan selama delapan tahun

Penulis: CitizenReporter | Editor: Edi Sumardi
DOK PRIBADI
Syahribulan Palemmai 

Syahribulan Palemmai

TAPM Kabupaten Sidenreng Rappang ( Sidrap )

Melaporkan dari Sidrap, Sulsel

TANGGAL 15 Januari 2014 ditandai lahirnya dan disahkannya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang telah berjalan selama delapan tahun, yakni tahun 2015 hingga 2021.

Dalam undang-undang ini, memberikan ruang adanya dana desa 10 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN ) setiap tahunnya.

Anggaran ini diperuntukkan kepada desa seluruh Indonesia dalam pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa.

Kabupaten Sidrap merupakan salah satu kabupaten yang mendapatkan alokasi dana desa sejak tahun 2015-2021 dari 68 desa, yang telah mencapai Rp 361.054.476.236.

Ketua Apdesi (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Sidenreng Rappang, Andi Mustakim mengatakan bahwa pemerintah desa khususnya di Kabupaten Sidenreng Rappang telah merasakan manfaat dana desa, yakni dapat menyejahterakan masyarakat dan memajukan ekonomi serta mengatasi kesenjangan pembangunan kota dan desa.

Hal ini dibuktikan bahwa perbaikan sarana dan prasarana pembangunan desa yang dapat menunjang kegiatan ekonomi masyarakat desa sehingga kualitas dan penyediaan sarana dan prasarana desa dan kota dapat bersaing seperti sektor pertanian, jalanan desa, sarana olahraga, pelayanan dasar, pendidikan dan kesehatan, dan pengembangan Bumdes.

Andi Apris, Kepala Desa Kalosi Alau, Kecamatan Dua Pitue, Sidrap yang juga salah satu kepada desa perempuan mengatakan bahwa sangat merasakan manfaat dengan adanya dana desa selama ini, yakni peningkatan pendapatan bagi petani melalui perbaikan jalan tani dan perbaikan irigasi tersier.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved