Breaking News:

Tribun Otomotif

Apa Itu Air Radiator dan Kapan Waktu Menggantinya?

Air radiator merupakan cairan yang digunakan untuk mengalirkan atau menghantarkan panas dari mesin kendaraan ke sirip radiator.

Penulis: Rudi Salam | Editor: Saldy Irawan
handover/whatsapp
Ilustrasi. Penggantian air radiator penting untuk menjaga suhu mesin agar tetap optimal. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tribuners, pernah mendengar air radiator?

Mungkin sebagian besar masyarakat pasti tidak asing lagi.

Air radiator merupakan cairan yang digunakan untuk mengalirkan atau menghantarkan panas dari mesin kendaraan ke sirip radiator.

Di mana nantinya didinginkan oleh udara sekitar atau kipas dan kemudian dialirkan kembali ke mesin agar suhu mesin tetap terjaga, atau istilahnya tidak overheat.

Radiator menggunakan fluida cair sebagai media pendingin, di mana cairan ini akan menyerap panas dari blok mesin hingga ke silinder mesin.

Cairan ini akan didinginkan menggunakan udara luar dan ketika temperature cairan sudah dingin maka pompa akan kembali memompa cairan pendingin ke dalam mesin.

Kepala Mekanik Sentral Yamaha Makassar PT Suracojaya Abadi Motor (SJAM), Siswanto mengatakan bahwa biasanya mesin motor yang sudah menggunakan teknologi radiator dengan pendingin cairan (Liquid Cooled) memiliki mesin dengan kapasitas 150 cc atau lebih.

Hal itu dkarenakan jika kapasitas mesin semakin besar panas yang dihasilkan juga meningkat.

“Jika tidak diimbangi dengan sistem pendinginan yang baik maka mesin tidak akan bekerja secara maksimal,” kata Siswanto via rilis ke Tribun-Timur.com, Rabu (12/1/2022).

Saat ini, kata Siswanto, sistem pendinginan mesin motor ada dua jenis.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved