Breaking News:

Tribun Wajo

Kok Bisa, 5 Perangkat Desa Bentenglompoe Diberhentikan Kadesnya? PHI Wajo: itu Melanggar Aturan

Pelita Hukum Independen (PHI) Kabupaten Wajo menyoal hal itu, dan membawanya ke ranah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo

Tribun Timur/Hardiansyah Abdi Gunawan
Pelita Hukum Independen (PHI) Kabupaten Wajo menyampaikan aspirasi terkait pemberhentian 5 perangkat Desa Bentenglompoe, di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo, Selasa (11/1/2021) sore. 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Lima perangkat Desa Bentenglompoe, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, diberhentikan Kepala Desa.

Pelita Hukum Independen (PHI) Kabupaten Wajo menyoal hal itu, dan membawanya ke ranah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo, Selasa (11/1/2021) sore.

Bahkan, hal tersebut telah berulang dilakukan kepala desa. Sebab, pada (1/9/2021) lalu, PHI juga datang ke DPRD Wajo menyampaikan aspirasi yang sama.

"Apa yang dilakukan kepala desa dengan memberhentikan 5 perangkat desa itu melanggar aturan," kata Ketua PHI, Sudirman.

Kelima perangkat desa yang diberhentikan melalui keputusan kepala desa itu yakni, Sekretaris Desa, Muhammad Arif, Kaur Pemerintahan, Feriawan, Kaur Kesra, Mirna Dewi, Kadus Massappa, Muhammad Rusli, dan Kadus Tobaku, Abdul Malik.

Sudirman menyebutkan, pemberhentian yang dilakukan oleh kepala desa telah melanggar Permendagri 67/2017, Perda 3/2017, dan Perbup 1/2018.

"Tidak ada rekomendasi camat. Dan itu diatur di Perda dan turunannya di Perpub,  tidak taat pada mekanisme yang ada," katanya.

Sebagai solusi agar tak cacat prosedur hukum, alangkah baiknya apabila kepala desa dengan legowo mencabut SK tersebut.

Kepala Desa Bentenglompoe, Herman menyebutkan bahwa keputusan memberhentikan 5 perangkat desa tersebut lantaran sudah tak sejalan dengan visi misinya untuk memajukan Desa Bentenglompoe.

"Kami punya visi misi. Kami juga punya alasan. Bagaimana kami mengevaluasi perangkat desa," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved