Breaking News:

Unhas

Mahasiswa KKN Unhas Dorong Pengembangan Kopi dan Gula Semut di Sinjai

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik gelombang 107 Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar seminar program kerja di Aula Desa Kalobba

Editor: Sudirman
Faqih Imtiyaaz
KPH Jeneberang 2, Polisi Hutan dan perangkat desa bersama Mahasiswa KKN Unhas 

TRIBUN-TIMUR.COM, SINJAI - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik gelombang 107 Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar seminar program kerja di aula Desa Kalobba, Kamis (6/1/2022) pagi.

Seminar Program ini melibatkan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Jeneberang 2, Polisi Hutan (Polhut), Kelompok Tani Hutan Dusun Toribi, Plt Kepala Desa Kalobba hingga Camat Tellulimpoe

Mahasiswa KKN Unhas menyampaikan beragam inovasi program kerja yang akan dijalankan selama menjalani masa pengabdian.

"Dengan tema perhutanan sosial ini, kami menyusun program kerja yang berfokus pada budidaya wilayah hutan serta pemanfaatannya," ujar Koordinator Posko, Rifqi Alfian kepada tribun-timur.com.

"Pemanfaatan yang dimaksud berupa hasil hutan bukan kayu seperti kopi dan gula semut," lanjut.

Nantinya, mahasiswa Unhas akan mendorong pengembangan produk kopi dan gula semut sebagai penerapan program pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK).

Gula semut merupakan gula aren yang telah diolah menjadi butiran halus. Biasanya, digunakan sebagai pengganti gula pasir pada minumam seperti kopi

"Untuk mendorong produk asli dari swadaya masyarakat dibawah naungan KUPS (Kelompok Usaha Perhutanan Sosial), maka kami akan membantu produksi desain brand dan digital marketing yang berbasis media sosial dan e-commerce," lanjutnya.

Sejalan dengan tema, Program Perhutanan Sosial yang akan dilaksanakan berupa pemberian batas pada wilayah Hutan Kemasyarakatan (HKm) di Kecamatan Sinjai Tengah dan Penanaman bibit pohon di Kecamatan Tellulimpoe.

"Kami telah melakukan pemetaan wilayah, dan nanti akan melakukan penandaan batas sama adik-adik mahasiswa di HKm kecamatan Sinjai Tengah," ujar Erna, Penyuluh KPH Jeneberang 2.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved