Andi Sudirman Sulaiman

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Lapor Mafia Tanah 'Rugikan Negara! Kita Proses'

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman melaporkan oknum mafia tanah yang menggugat lahan milik pemerintah provinsi Sulsel.

Editor: Muh Hasim Arfah
dok tribun-timur
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman 

TRIBUN-TIMUR.COM-  Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menegaskan Pemprov Sulsel tidak main-main terhadap mafia tanah.

Upaya pidana pun dilakukan bagi para pelaku.

Andi Sudirman mengungkapkan, Pemprov Sulsel  menempuh jalur hukum bagi oknum yang berusaha mengambil alih tanah pemerintah.

Salah satu yang sedang diproses adalah pelaku penyerobot lahan Al Markaz Al Islami.

Setelah memang kasasi, Pemprov Sulsel langsung melaporkan pelaku untuk diproses.

“Sudah beberapa kita laporkan, seperti Al Markaz kita sudah menang kasasi tapi kita laporkan lagi. Sudah dilaporkan, lagi proses sekarang untuk kelengkapan bukti bukti dan data,” kata Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya dalam Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat Provinsi Sulawesi Selatan yang disertai penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan penandatanganan nota kesepakatan dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil di Hotel Rinra, Jl Metro Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (5/1/2022).

Baca juga: Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil: Pemerintah All Out Perangi Mafia Tanah

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI (ATR/BPN) Sofyan Djalil, dan Kepala Kantor Wilayah ATR BPN Sulsel Bambang Priyono meresmikan gedung baru Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Sulawesi Selatan dan peresmian masjid Kanwil ATR/BPN Sulsel Nurul Ardi, di Jalan Cendrawasih, Makassar, Rabu (5/1/2021).
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI (ATR/BPN) Sofyan Djalil, dan Kepala Kantor Wilayah ATR BPN Sulsel Bambang Priyono meresmikan gedung baru Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Sulawesi Selatan dan peresmian masjid Kanwil ATR/BPN Sulsel Nurul Ardi, di Jalan Cendrawasih, Makassar, Rabu (5/1/2021). (Humas Pemprov Sulsel)

Bahkan menurut Andi Sudirman, mafia tanah ini sudah dilaporkan sebelum Pemprov menang kasasi atas kasus sengketa di tanah Masjid Al Markaz.

“Beberapa, karena itukan masalah termasuk merugikan negara jadi kita tetap proses, kalau mereka tidak mau kasi ke kita, kita proses! Kita tetap berjalan,” katanya.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel berhasil mempertahankan asetnya setelah menang kasasi di Mahkamah Agung.

Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan salah satu aset yang berhasil dipertahankan adalah tanah di Al Markaz Al Islami.

“Setelah beberapa kali mengalami hasil kurang berpihak dalam beberapa tahun terakhir. Alhamdulillah kita akhirnya mendapat berita baik bahwa Pemprov Sulsel menang putusan Kasasi Mahkamah Agung atas gugatan tanah Al-Markaz Al Islami sebagai aset dengan nilai trilliunan rupiah,”katanya.

Bukan hanya tanah di Masjid Al Markaz, menurut Sudirman, ada beberapa aset di Pemprov Sulsel berhasil diselamatkan.

Di antaranya, Gardu Induk PLN, serta pasar di Kota Makassar.

Baca juga: Siapa Topan? Bos Mafia Tanah yang Disebut Otak Pengancaman Dino Patti Djalal, Fakta-fakta Terbongkar

“Ini aset daerah bernilai trilliunan dalam ancaman gugatan pihak ketiga dengan berbagai modus termasuk Toll, Gardu Induk PLN, Pasar Kota Makassar dll,” terangnya.

Kepala Polda Sulsel, Irjen Pol Polisi Nana Sujana menegaskan pihaknya akan terus meningkatkan koordinasi bersama Tim Satgas Mafia Tanah yang dibentuk bersama Kejaksaan dan BPN.

“Kami pun berkomitmen bahwa mafia tanah harus kita berantas. Artinya kedepan kami berharap tidak ada lagi upaya-upaya dari mafia ini,” kata mantan Kapolda Metro Jaya ini.

“Kami akan terus meningkatkan koordinasi guna memberantas mafia tanah. Demikian halnya yang disampaikan Pak Gubernur terkait beberapa kasus, kami pun melakukan penangangan. Bahkan sekarang kami tingkatkan ke penyidikan."(*)

Baca juga: VIDEO: Bambang Priono Janji Pecat Jika Ada Mafia Tanah di Kantor BPN

Baca juga: KPK Turun Tangan Siap Lawan Mafia Tanah di Makassar, Berikut Daftar Tilok Tanah yang Paling Diincar

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved