Breaking News:

Tribun Lutra

Alhamdulillah! Dana Stimulan Rumah Rusak Korban Banjir Bandang Luwu Utara Cair

Bantuan dana stimulan untuk perbaikan rumah rusak kategori sedang dan ringan akibat banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Penulis: Chalik Mawardi | Editor: Sukmawati Ibrahim
Humas Pemkab Lutra
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat memberikan arahan pada kegiatan Sosialiasi Realisasi Dana Bantuan Stimulan di Aula La Galigo, Masamba, Senin (3/1/2022). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Bantuan dana stimulan untuk perbaikan rumah rusak kategori sedang dan ringan akibat banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, pada 13 Juli 2020 lalu telah cair.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara sebagai penanggungjawab mempercepat penyaluran untuk warga penerima manfaat.

"Saya minta ini dipercepat, targetnya bulan ini bisa rampung untuk tahap pertama, pihak kecamatan hingga aparat desa saya minta pro aktif," tegas Indah saat menghadiri Sosialiasi Realisasi Dana Bantuan Stimulan di Aula La Galigo, Masamba, Senin (3/1/2022).

Tidak hanya itu, Indah juga meminta agar mempermudah masyarakat dalam proses penyaluran.

Terlebih ia menyebut akan memantau proses penyaluran untuk memastikan bantuan tepat sasaran.

"Data penerima sudah ada, jadi saya minta jangan persulit warga," katanya.

"Kalau ada yang bermain saya tidak segan nonaktifkan, ini untuk memastikan semuanya tepat sasaran," tegas bupati perempuan pertama di Sulsel.

Sementara itu, Kepala BPBD Luwu Utara, Muslim Muchtar menjelaskan data validasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat penerima bantuan kategori rusak sedang sebanyak 452 dan 1.982 untuk rusak ringan.

Baca juga: Penjelasan Camat Rampi Soal Pelajar Luwu Utara Tempuh Perjalanan Ratusan Km untuk Vaksin

Baca juga: Sepanjang 2021, Polres Luwu Utara Ringkus 56 Warga karena Kasus Narkoba

"Sebenarnya data kita rusak ringan itu 515 dan rusak berat 2.242. Tapi yang menyetor datanya hanya 466 untuk rusak sedang dan 2.069 untuk rusak ringan, sampai di BNPB itu terkoreksi lagi," kata Muslim.

Adapun tahapan penyaluran bantuan tahap pertama meliputi Rancangan Penggunaan Dana (RAB) dan surat tanggung jawab mutlak yang ditandatangani oleh masing-masing penerima bantuan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved