Breaking News:

Tim UKI Paulus Serahkan Mesin Sangrai & Pembubuk Biji Kopi kepada Mitra di Toraja Utara

Di samping berperan penting sebagai sumber devisa, kopi juga merupakan sumber penghasilan bagi petani kopi di Toraja Utara.

Editor: Saldy Irawan
Tim UKI Paulus Serahkan Mesin Sangrai & Pembubuk Biji Kopi kepada Mitra di Toraja Utara
dok pribadi
Tim UKI Paulus

TORAJA UTARA - KOPI adalah komoditi perkebunan yang bernilai ekonomis yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan tanaman perkebunan lainnya dan berperan sangat penting sebagai sumber pendapatan asli daerah.

Di samping berperan penting sebagai sumber devisa, kopi juga merupakan sumber penghasilan bagi petani kopi di Toraja Utara.

Salah satunya adalah di Lembang Tonga Riu Kecamatan Suloara Kabupaten Toraja Utara

Melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sangat antusias dalam menerima bantuan teknologi tepat guna sangrai dan pembubuk kopi dari pemerintah lewat LPPM UKI Paulus

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ini berkolaborasi antara Prodi Teknik Mesin, Prodi Teknik Elektro dan Prodi Manajemen.

Ada 6 (enam) orang mahasiswa yang ikut terlibat dalam penelitian ini, 2 (dua) orang mahasiswa Teknik Mesin yaitu Alfianus Masseleng dan Sika Palungan, 2 (dua) orang mahasiswa Teknik Elektro yaitu Febrianto Allo Tiboyong dan Youshua Nono Paliling, dan 2 (dua) orang mahasiswa Akuntansi yaitu Donasty Novya Tandilolo dan Elsavira Palungan. 

Kegiatan ini adalah salah satu judul pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh tim LPPM UKI Paulus melalui pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian PTS. 

Program tersebut diraih UKI Paulus dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi pada Desember 2021. 

Dari 110 Perguruan Tinggi di Indonesia yang menerima Dana Hibah, UKI Paulus merupakan salah satu penerima kucuran dana hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebesar Rp 1,3 milliar dan penandatanganan kontrak tanggal 12 Desember 2021 oleh Rektor UKI Paulus Prof. Dr. Agus Salim, S.H.,M.H.

Tim peneliti terdiri atas 3 (tiga) orang yaitu Dr. Ir. Musa Bondaris Palungan, M.T selaku ketua tim dari Prodi Teknik Mesin dan anggota 2 (dua) orang yaitu Hestikah Eirene Patoding, S.T.,M.T. dari Prodi Teknik Elektro dan Djusniati Rasinan, S.E ., M.Si dari Prodi Manajemen.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved