Breaking News:

Tribun Maros

Kok Bisa, Pasutri Kades di Maros ditangkap Gegara Korupsi? Celebes Law Sebut Pengawasan Minim

Suryani, resmi menjadi tersangka oleh penyidik tindak pidana korupsi Kejaksaan Negeri Maros dan telah dijebloskan ke tahanan sejak Selasa (28/12/2021)

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Muhammad Fadhly Ali
Kejari Maros
Kepala Desa Bonto Manurung, Suryana diantar petugas menuju sel 

TRIBUNMAROS.COM, MAROS – Kasus korupsi Kembali menjerat oknum Kepala Desa di Maros. 

Setelah Kepala Desa Bonto Manurung tahun 2018, Abdul Haris divonis bersalah, kini istrinya, Suryani yang melanjutkan tampuk kekuasaan sebagai Kepala Desa, juga akhirnya terseret kasus rasuah. 

Suryani, resmi menjadi tersangka oleh penyidik tindak pidana korupsi Kejaksaan Negeri Maros dan telah dijebloskan ke dalam tahanan sejak Selasa (28/12/21) kemarin.

Ia diduga telah menyalahgunakan Anggaran Dana Desa tahun 2019-2020 dengan potensi kerugian negara mencapai Rp 1,4 miliar. 

Sementara itu, Suaminya, Abdul Haris yang menjabat sebagai Kepala Desa di Bonto Manurung di periode sebelumnya, telah divonis hukuman satu tahun penjara oleh Pengadilan karena terbukti menyelewengkan anggaran desanya sebesar Rp 191 juta di tahun 2018. 

Koordinator Celebes Law and Transparacy Maros, Arialdi Kamal, pun mengapresiasi kinerja Kejaksaan itu.

Di sisi lain, ia mempetanyakan, kinerja Kejaksaan dan Aparat Penegak Hukum (APH) lainnya dalam proses pengawalan penggunaan anggaran, khususnya di Desa. 

“Kok bisa di rentang waktu yang tidak terlalu jauh dan di lokasi yang sama, penyimpangan itu terjadi. Pelakunya juga hampir dibilang itu-itu saja. Lalu dimana letak pengawasan anggaran, pendampingan yang selama ini digembar-gemborkan,” kata Arialdi, Rabu (29/12/2021). 

Menurut Arialdi, apa yang telah dilakukan oleh aparat hukum khususnya Kejaksaan, terkesan tidak efektif dalam hal pencegahan. 

Faktanya, kasus korupsi di Bonto Manurung yang awalnya hanya ratusan juta, justru malah naik menjadi miliaran. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved