Breaking News:

Opini Tribun Timur

Pembayaran Melalui Digital Payment Suatu Keharusan

Pesan Bapak Presiden Joko Widodo pada saat penyampaian Nota Keuangan APBN 2021 menyatakan “Salah satu arah kebijakan APBN 2021

Editor: Sudirman
Pembayaran Melalui Digital Payment Suatu Keharusan
Asmirah
Asmirah Kepala Seksi Vera KPPN Makassar I

Oleh: Asmirah

Kepala Seksi Vera KPPN Makassar I

Pesan Bapak Presiden Joko Widodo pada saat penyampaian Nota Keuangan APBN 2021 menyatakan “Salah satu arah kebijakan APBN 2021 adalah mempercepat transformasi ekonomi menuju era digital”.

Untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya telah dikembangkan Digital Payment Ecosystem dan System Marketplace.

Diharapkan seluruh satuan kerja menyiapkan diri untuk mendukung dan mengimplementasikan Digital Payment Ecosystem dan System Marketplace tersebut.

Era digitalisasi di masa pandemi menjadi sebuah solusi bagi seluruh masyarakat dan dunia usaha. Tak luput transaksi pemerintah pun diarahkan untuk secara digital.

Sejak terjadi pandemi Covid-19 perkembangan teknologi informasi sangat pesat, pelaksanaan belanja dan pembayaran atas beban APBN pun mengikutinya.

Salah satu adaptasi yang dilakukan adalah mekanisme pembayaran melalui sistem marketplace.

Sistem ini dapat menghubungkan antara satuan kerja (selaku pembeli) dengan vendor (selaku penjual), dalam mekanisme belanja oleh pemerintah.

Sistem marketplace merupakan sistem yang menyediakan layanan daftar penyedia barang/jasa, pemesanan barang/jasa, pembayaran, dan pelaporan secara elektronik, dalam rangka penggunaan uang persediaan yang disediakan oleh bank tempat menyimpan uang persediaan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved