Breaking News:

Opini Tribun Timur

Korupsi dan Ukuran Sukses Orang Indonesia

Nyaris tidak ada lagi lembaga pemerintah yang terbebas dari korupsi, termasuk lembaga penegak hukum, kementerian agama, bahkan lembaga pendidikan

Editor: Sudirman
DOK TRIBUN TIMUR
Dosen FISIP Unismuh Makassar dan anggota Forum Dosen Majelis Tribun Timur, Amir Muhiddin 

Amir Muhiddin

Dosen Fisip Unismuh Makassar/Anggota Forum Dosen

Nyaris tidak ada lagi lembaga pemerintah yang terbebas dari korupsi, termasuk lembaga penegak hukum, kementerian agama, bahkan lembaga pendidikan sekalipun.

Sebahagian Hakim, jaksa dan polisi yang seharusnya menjadi garda terdepan dalam penegakan hukum dan pengayom masyarakat, justru menjadi sumber ketidak adilan.

Kementerian agama yang seharusnya menjadi penuntun dan pengendali kehidupan manuisa, tempat berkumpulnya alumni atau sarjana agama dan pondasi etika dan moral, justru sebagian menjadi lembaga yang korup dan benar-benar memprihatinkan.

Bahkan perguruan tinggi yang diharapkan menjadi sumber kebenaran, kekuatan moral, tempat orang-orang yang disebut terpelajar dan maha terpelajar. pun tidak lepas dari pelanggaran etika dan moral.

Bukan hanya di jajaran eksekutif, lembaga perwakilan rakyat pun, dari pusat sampai ke daerah nyaris tak ada yang steril dari korupsi, malah lembaga ini berdasarkan survai Global Corruption Barometer (CGB) Tahun 2020, dan Transparency International Indonesia adalah adalah lembaga paling korup di Indonesia.

Kejadian dibeberapa lembaga yang disebut di atas, tentu saja hanya sebagaian kecil ibaratnya seperti fenomena gunung es.

Di lembaga-lembaga pemerintah lain pun terjadi , bahkan mungkin lebih banyak dan lebih parah lagi, padahal upaya untuk menghilangkan KKN justru menjadi ikon reformasi Tahun 1998 tapi hingga saat ini masih terjadi dan terjadi lagi.

Ukuran Sukses

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved