Breaking News:

Tribun Maros

Warga Maros Curiga Ada Praktik Pungli Di Samsat Maros, Ini Keluhannya

Hal ini diungkapkan setelah dirinya mencoba untuk membayar pajak tahunan kendaraannya di Samsat Maros, Selasa (14/12/21).

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Saldy Irawan
tribun-timur/nurul hidaya
Kantor Samsat Maros 

TRIBUNMAROS.COM, MAROS - Salah Satu Warga Maros, NH menduga adanya praktik pungutan liar (Pungli) yang terjadi di lingkup Samsat Maros, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros.

Hal ini diungkapkan setelah dirinya mencoba untuk membayar pajak tahunan kendaraannya di Samsat Maros, Selasa (14/12/21).

"Saya mau bayar pajak kendaraan dan juga perpanjangan plat motor saya. Kebetulan ini merupakan motor keluarga yang dibeli, jadi alamatnya alamat Makassar," ucapnya pada tribunmaros.com, Rabu (15/12/21).

Namun ia terkejut ketika petugas meminta bayaran hingga Rp 500 ribu.

"Tahun kemarin saya lihat pajak tahunnya hanya Rp 197 ribu, sementara untuk biaya ganti plat setahu saya hanya sekitar Rp 60 hingga Rp 100 ribu saja. Setelah diminta untuk membayar Rp 553 ribu di meja administrasi, saya sangat kaget," tuturnya.

NH sempat menanyakan ulang nominal tersebut, takut kalau hanya salah dengar.

"Saya tanya ulang apa memang betul segitu, petugasnya mengiyakan. Setelah itu, saya terima saja mungkin memang saya yang salah informasi," sebutnya.

Kecurigaan NH tak sampai disitu, ketika dia hendak melakukan pembayaran lewat mobile banking, ternyata alamat rekening yang diberikan atas nama pribadi.

"Saat saya mau transfer, saya heran, kok  rekeningnya atas nama pribadi, setidaknya kan harus rekening instansi, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil kembali berkas kendaraan saya dan menutuskan untuk membayar pajak di Makassar," utarnya.

Sementara itu, Kepala Samsat Maros, Syukur mengatakan kejadian tersebut, hanya karena miskomunikasi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved