Breaking News:

Tribun Wajo

VIDEO: Bottotengnga Juara Lomba Desa Bebas Jentik di Wajo

Pelaksanaan Lomba Desa Bebas Jentik digelar Dinas Kesehatan Wajo. Juara 1 diraih Desa Bottotengnga

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Pelaksanaan Lomba Desa Bebas Jentik digelar Dinas Kesehatan Wajo, Sulawesi Selatan.

Hasilnya telah diumumkan di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, pada Senin (13/12/2021).

Juara 1 diraih Desa Bottotengnga, Kecamatan Pitumpanua, juara 2 diraih Kelurahan Bocco, Kecamatan Takkalalla, dan juara 3 diraih Desa Ujungbaru, Kecamatan Tanasitolo.

"Dalam rangka mencegah DBD, bagian dari inovasi Go Cantik Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo, maka dilaksanakan lomba desa bebas jentik untuk mencapai tujuan jangka menengah Go Cantik," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo, drg Armin.

Penilaian desa/kelurahan bebas jentik dilakukan dengan turun langsung dari rumah ke rumah, serta mengecek angka bebas jentik (AJB) indikator.

"Pemeriksaan langsung jentik dari rumah ke rumah oleh tim penilai, angka ABJ dari aplikasi Go Cantik," katanya.

Persentase ABJ mesti di atas 95%. Semakin tinggi ABJ maka semakin bagus yang artinya semakin kurang jentik.

Sebagaimana diketahui, program inovasi Gerakan Wajo Cari Jentik atau Go Cantik terus dimasifkan di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Wajo.

Inovasi yang digagas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo, drg Armin itu terus disosialisasikan ke masyarakat dan dikontrol oleh pengelola DBD Puskesmas setempat.

Go Cantik ini bertujuan menjadikan Wajo sebagai kabupaten bebas jentik sehingga memiliki manfaat untuk masyarakat sehat, produktif, dan sejahtera. 

"Adapun outputnya meningkatnya peran serta keluarga dan masyarakat dalam pencegahan demam berdarah dengue (DBD). Sementara outcomenya meningkatnya angka bebas jentik di atas 95 persen, serta terbentuknya rumah tangga, perkantoran, sekolah, dan lingkungan bebas jentik," kata mantan Direktur RSUD Siwa itu. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved