Breaking News:

Citizen Reporter

Urus Administrasi di Kantor Desa di Sidrap Wajib Bawa Sampah

DESA Kalosi Alau merupakan salah satu desa di Kabupaten Sidrap. Desa ini, oleh pemerintah desa menerapkan pelayanan masyarakat berbasis sampah

Penulis: CitizenReporter | Editor: Edi Sumardi
DOK PRIBADI
TAPM Kabupaten Sidrap, Syahribulan Palemmai 

Syahribulan Palemmai

TAPM Kabupaten Sidenreng Rappang ( Sidrap )

Melaporkan dari Sidrap, Sulsel

DESA Kalosi Alau merupakan salah satu desa di Kabupaten Sidrap.

Desa ini, oleh pemerintah desa menerapkan pelayanan masyarakat berbasis sampah atau Desa KUPAS (Kalosi Alau Pelayanan Berbasis Sampah Plastik).

Artinya, jika masyarakat mau mengurus administrasi di kantor desa maka sebaiknya membawa sampah plastik dan pelayanan desa akan dilakukan.

Selain itu, di kegiatan posyandu, orang tua anak yang akan menimbang anaknya juga wajib membawa sampah plastik.

Ini dilakukan agar masyarakat desa secara sadar menyimpan sampah plastiknya di rumah dan tidak membuang di sembarang tempat dan jika nantinya ada kepentingan di kantor desa, maka sampah plastik inilah yang menjadi gantinya untuk pelayanan desa.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Kalosi Alau, Andi Apris saat menerima kunjungan studi banding yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Biring Ere dan Tabo Tabo, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulsel, Sabtu (11/12/2021), di Kantor Desa Kalosi Alau.

Ikut dalam kunjungan ini, yakni Pj Kepala Desa Biring Ere Muh Ramli, unsur PKK, Sekretaris Desa Biring Ere, aparat desa, BUMDes, dan tokoh masyarakat desa dari dua desa yang melakukan studi banding ini.

Perwakilan Pemkab Pangkep dan pendamping desa turut mendampingi kunjungan ini, yakni Kasi Usaha Ekonomi Desa, Maya Nurbaya dan Ruly Retno Wardani; TAPM P3MD Pangkep, Mardini; PD Kecamatan Bungoro Andi Halijah dan Ikawati; dan PLD Biring Ere, Sudirman.

Pemkab Pangkep dan pemerintah desa berharap agar kegiatan pengelolaan sampah oleh Desa Kalosi Alau dapat direplikasi oleh Pemerintah Desa Biring Ere dan Tabo Tabo, bahkan desa-desa yang ada di Kabupaten Pangkep pada umumnya.

Dalam kesempatan ini, hadir Kepala Dinas PMD-PPA Kabupaten Sidrap, H Abbas Aras S MAP sebagai pendukung kebijakan desa yang inovatif dan kreatif.

Hadir juga pendamping desa TAPM Sidenreng Rappang, Nadrah Latief, Abd Halik, dan saya; pendamping desa, Anita; beserta unsur dari BPD; aparat pemerintah desa; BUMDes; kader posyandu; dan tentunya BUMDes Mujur sebagai pengelola bank sampah Desa Kalosi Alau.

Mereka berharap agar kunjungan bermanfaat untuk pengelolaan sampah agar lebih inovatif dan kreatif lagi untuk desa bebas sampah plastik ke depan.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved