Breaking News:

Opini Tribun Timur

UIN (Pattiware) Palopo: Upaya Membangun Tugu Ingatan Bersama

Dalam beberapa penelusuran tentang nama-nama lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi, cukup banyak yang menggunakan nama yang sesungguhnya

Editor: Sudirman
Idwar Anwar 

Oleh Idwar Anwar

Penulis Ensiklopedi Sejarah Luwu dan Ensiklopedi Kebudayaan Luwu

Dalam beberapa penelusuran tentang nama-nama lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi, cukup banyak yang menggunakan nama yang sesungguhnya tidak terkait dengan lembaga atau dunia pendidikan.

Nama-nama tersebut disematkan pada lembaga pendidikan tersebut, sebab merupakan tokoh atau pahlawan, baik dalam konteks nasional, maupun tokoh-tokoh yang dianggap dapat menjadi simbol penting (pahlawan) bagi sebuah daerah.

Di Sulawesi Selatan, misalnya, terdapat Universitas Hasanuddin yang diambil dari nama pahlawan nasional.

Sultan Hasanuddin merupakan Raja Gowa ke-16 yang menjadi simbol penting bagi perlawanan terhadap penjajah Belanda yang dimasa itu masih bernama VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie).

Selain itu, terdapat pula Universitas Sawerigading, yang diambil dari nama tokoh dalam Sure’ Galigo, sebuah maha karya terbesar di dunia yang berasal dari Sulawesi Selatan yang telah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia oleh UNESCO.

Di beberapa daerah di Sulawesi Selatan juga banyak bermunculan perguruan tinggi yang menggunakan nama-nama tokoh penting di daerah masing-masing sebagai nama perguruan tinggi.

Disadari, tentu saja tidak semua daerah memiliki tokoh seperti yang dimaksud.

Oleh karena itu, dibutuhkan penelusuran data historis dan kajian yang lebih komprehensif terkait penggunaan nama tokoh.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved