Citizen Reporter

Wahdah Islamiyah Pilih Sumbangkan Dana Muktamar IV untuk Korban Bencana Alam

DEWAN Pimpinan Pusat atau DPP Wahdah Islamiyah memutuskan kegiatan Muktamar IV Wahdah Islamiyah menyeluruh digelar secara online.

Penulis: CitizenReporter | Editor: Edi Sumardi
CITIZEN REPORTER/IRFAN ABDUL GANI
Konfrensi pers secara virtual jelang pelaksanaan Muktamar IV Wahdah Islamiyah, Kamis (9/12/2021). Hadir Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah, KH Muhammad Zaitun Rasmin (kanan atas). 

Irfan Abdul Gani

Tim Media Muktamar IV Wahdah Islamiyah

Melaporkan dari MakassarSulsel

DEWAN Pimpinan Pusat atau DPP Wahdah Islamiyah memutuskan kegiatan Muktamar IV Wahdah Islamiyah menyeluruh digelar secara online.

Muktamar bertema "Mewujudkan Indonesia jaya dengan Pendidikan Paripurna dalam Wasathiyah Islam’ itu rencananya mulai berlangsung, Ahad (19/12/2021).

Keputusan tersebut disampaikan Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah, KH Muhammad Zaitun Rasmin dalam jumpa pers yang digelar secara online pada Kamis (9/12/2021).

"Sebelumnya Pimpinan DPP Wahdah Islamiyah menentukan apakah hybrid atau terpaksa membuka opsi full online, dan keputusannya dengan berat hati kita memutuskan untuk full online," kata Ustadz Muhammad Zaitun Rasmin.

Pada awalnya, kata Ustadz Muhammad Zaitun Rasmin, pimpinan Wahdah Islamiyah berupaya muktamar ini akan digelar secara full offline, bahkan pelaksanaannya di Jakarta.

"Namun peserta muktamar lebih banyak dari kawasan Indonesia Timur sehingga diputuskan pelaksanaannya di Makassar," ujar Ustadz Muhammad Zaitun Rasmin.

"Dan saat menjelang muktamar, adanya kebijakan PPKM membuat sebagian peserta bimbang, kalau datang offline akan ada kesulitan untuk pulang karena kebanyakan peserta adalah ASN dan sebagian dari mereka juga belum membeli tiket perjalanan," katanya lebih lanjut.

Baca juga: Menko Polhukam RI Mahfud MD Akan Hadiri Pembukaan Muktamar Wahdah Islamiyah

Selain itu, dalam pekan ini terjadi bencana alam berupa erupsi Gunung Semeru dan bencana lainnya.

Dengan pertimbangan itulah, Muktamar IV Wahdah Islamiyah akan digelar secara full online.

"Dan sebagian dana muktamar akan disalurkan untuk korban bencana," ungkap Ustadz Muhammad Zaitun Rasmin.

Menurutnya, kesadaran sosial harus dibangun dan semua pimpinan setuju untuk acara secara online dengan mengutamakan untuk membantu korban bencana.

Baca juga: Wali Kota Makassar Danny Pomanto Apresiasi Kontribusi Wahdah Islamiyah di Bidang Pendidikan

Meski demikian, lanjut Ustadz Muhammad Zaitun Rasmin, pelaksanaan muktamar tetap akan digelar dengan semarak.

"Pembukaan muktamar akan dilakukan secara semarak, grand opening akan dihadiri sekitar seratus ribu peserta secara online," ungkapnya.

Pihaknya berharap, grand opening Muktamar IV Wahdah Islamiyah yang dibuka secara umum diharapkan akan memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat.

Pembukaan Muktamar IV Wahdah Islamiyah rencananya akan dilakukan Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin dan dihadiri sejumlah menteri, di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno serta tokoh lainnya. 

Kegiatan ini berhadiah umrah, sepeda motor, dan handphone.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved