Breaking News:

Opini Tribun Timur

Media Penyiaran dan Siaran Politik Jelang Pemilu 2024

Tahun politik 2024 barangkali terbilang masih jauh, tetapi sepertinya sudah ada lembaga penyiaran yang menyajikan program siaran politik.

Editor: Sudirman
Ist
Tokoh muda Muhammadiyah Sulawesi Barat, Firdaus Abdullah 

Oleh: Firdaus Abdullah

Pendiri/Dewan Pembina Forum Masyarakat Peduli Media (FMPM) Sulbar

Tahun politik 2024 barangkali terbilang masih jauh, tetapi sepertinya sudah ada lembaga penyiaran yang menyajikan program siaran politik.

Hal ini dapat kita buktikan di layar kaca televisi kita, lembaga penyiaran menyajikan siaran politik yang hanya menyiarkan partai politik tertentu, baik dalam pencitraan pimpinan parpol tertentu maupun aktivitas parpol itu sendiri.

Menjelang momentum tahun politik pemilu 2024, disadari atau tidak, kondisi objekrif pemberitaan di media penyiaran akan sarat dengan kepentingan politik.

Sehingga dalam pemberitaan dan informasi tentu akan sangat tergantung pada pemesannya.

Olehnya, tidak salah jika media televisi menjalankan fungsi medianya maka mustahil untuk memisahkan relasinya dari kepentingan politik.

Adanya kekuatan media sebagai alat pembentuk opini publik yang merupakan sebuah kekuatan politik, disebabkan media penyiaran tidak hanya sebagai pembentuk opini maupun penyalur informasi akan tetapi juga sebagai lembaga sosial yang dapat menimbulkan pengaruh yang luas hingga dapat membentuk citra dan opini publik berdasarkan interest masing-masing.

Memang dalam UU Penyiaran No 32 tahun 2002 secara tegas menyebutkan bawah lembaga penyiaran wajib menjaga netralitasnya dan tidak boleh mengutamakan kepentingan kelompok tertentu, begitupan aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) secara subtansial menyebutkan lembaga penyiaran berkewajiban bersikap adil, berimbang, serta propesional dalam menjalanan aktivitas siaran.

Lembaga penyiaran dilarang memihak kepada salah satu parpol dan dibiayai maupun disponsori, kecuali dalam bentuk iklan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved