Breaking News:

Sindir Siapa? Jokowi: Ada Kapolda & Kapolres Baru Datang ke Sesepuh Ormas yang Sering Bikin Onar

Presiden Jokowi mengatakan, Polri sebagai penegak hukum harusnya tetap tegas dan menjaga kewibawaannya

Editor: Ilham Arsyam
Tribun Bali/Andrian Amurwonegoro
Presiden Joko Widodo membuka sekaligus memberikan pengarahan dalam kegiatan Apel Kepala Kesatuan Wilayah (Kasatwil) 2021 di Hotel The Apurva Kempinski, Nusa Dua, pada Jumat 3 Desember 2021 

TRIBUN-TIMUR.COM - Presiden Jokowi mengaku kecewa dengan Kapolda dan Kapolres yang baru dilantik kemudian melakukan kunjungan ke organisasi masyarakat yang kerap membuat onar.

Presiden Jokowi mengatakan, Polri sebagai penegak hukum harusnya tetap tegas dan menjaga kewibawaannya.

“Sudah lama sekali ingin menyampaikan, ada Kapolda baru, ada Kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan, benar ini?,” ucap Jokowi saat memberi Pengarahan kepada Kepala Satuan Wilayah Tahun 2021, Jumat (3/12/2021).

“Saya tanya Kapolres kenapa Bapak melakukan ini? Supaya kotanya kondusif. Tapi apakah cara itu betul, hati-hati jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum. Hanya ini yang saya lihat.”

Jokowi menegaskan, Polri sebagai penegak hukum seharusnya memiliki kewibawaan.

“Polri harus memiliki kewibawaan,” ujarnya.

Di samping itu, Jokowi meminta kepada Polri untuk berperan bagi masyarakat yang patut dilindungi dan lemah.

“Saya ingin titip lindungi dan bantu yang lemah, yang biasanya terpinggirkan dalam hukum hati hati urusan pedagang kecil, lindungi,” kata Jokowi.

“Saya kalau membaca itu betul betul. Itu menjadi sebuah persepsi loh, hati-hati loh ya, kecil kecil itu mungkin urusannya bukan Kapolres, Kapolsek tapi hati hati tetap tanggung jawab Kapolres, tetap tanggung jawab Kapolda kecil-kecil seperti ini.”

Apalagi, sambung Jokowi, kalau sudah dicap diskriminasi terhadap yang lemah.

“Hati hati, terakhir karena posisi Polri sekarang ini pada posisi tiga besar yang dipercaya oleh masyarakat, jadi titipan saya itu,” ucapnya.

Jokowi kepada Polri mengingatkan bahwa untuk dipercaya itu tidak mudah.

“Kepercayaan ini hati-hati, tinggi sekali, naiknya tinggi sekali, tapi hati-hati, hal-hal yang tadi saya sampaikan,” kata Jokowi. (Kompas TV)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved