Breaking News:

Tribun Gowa

Husniah Talenrang Bahas Kopi Tombolo Pao Gowa

Hal ini dikatakan Husniah saat menikmati kopi Desa Pao sembari berdikusi dengan Muhklis Paraja, tokoh pemuda dan pengelola kebun herbal Arangangia

Editor: Imam Wahyudi
ist
Anggota DPRD Gowa, Husniah Daeng Talenrang, mencium aroma kopi hasil perkebunan kopi Desa Pao, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Anggota DPRD Gowa, Husniah Daeng Talenrang, mendorong warga Desa Pao, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menciptakan brand untuk kopi hasil perkebunan desa tersebut.

Menurut Husniah, kopi hasil perkebunan petani Desa Pao dan Kecamatan Tombolo Pao secara umum memiliki rasa dan aroma yang tak kalah dengan kopi dari daerah lain.

Hanya saja, kopi dari daerah ini belum memiliki brand dan belum dikelola secara profesional.
Padahal, jika dikemas dengan baik maka kopi asal Tombolo Pao bisa menciptakan pasar sendiri.

Hal ini dikatakan Husniah saat menikmati kopi Desa Pao sembari berdikusi dengan Muhklis Paraja, tokoh pemuda dan pengelola kebun herbal Arangangia yang terdapat di Desa pao.

Husniah mengunjungi Arangangia untuk berwisata sekaligus menyerap aspirasi masyarakat setempat pada Sabtu (27/11/21).

"Daerah ini banyak tanam kopinya yang rasa dan aromanya bisa bersaing dengan kopi dari daerah lain. Yang harus dipikirkan sekarang, adalah berinovasi agar kopi dari daerah ini memiliki brand yang kuat," ujar anggota DPRD Gowa ini melalui rilis ke tribungowa.com, Senin (29/11/21).

Menurut Mukhlis, kualitas kopi desanya sangat bagus dan layak bersaing di pasar moderen.

“Kendalanya hanya belum dikelola dengan baik sehingga petani belum menjadikannya sebagai penghasilan utama,” kata Mukhlis yang juga pemerhati masyarakat adat Pattalassang, Gowa.

Sebagai pengusaha hasil pertanian dan peternakan, Husniah pun memberikan masukan cara mengembangkan usaha dari hasil pertanian dan perkebunan dalam menguasai pasar.

"Mari kita bersama-sama ramu formula, ciptakan brand untuk mendapatkan pasar yang lebih luas lagi. Agar petani kopi dapat lebih sejahtera dan juga daerah kita ini Kabupaten Gowa punya merek kopi berkualitas tinggi," kata Ketua DPD PAN Gowa ini.

Letak Desa Pao, Kecamatan Tombolo Pao, berada di daerah segi tiga emas karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bone.

Letaknya yang berada di dataran tinggi, membuat pemandangan alam di kecamatan ini sangat indah, subur dan dingin.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved