Breaking News:

Kesehatan

Gejala Penyakit Paru-paru Basah, Penyebab, Serta Cara Pencegahannya

Paru-paru basah adalah kondisi yang terjadi akibat peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru

Editor: Muh. Irham
Yodiyim
Ilustrasi paru-paru 

TRIBUN-TIMUR.COM - Salah satu organ paling viral dalam tubuh manusia adalah, paru-paru. Organ ini berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen menjadi karbon dioksida atau singkatnya, paru-paru berfungsi sebagai organ pernapasan manusia.

Jika organ ini terganggu, sistem pernapasan juga akan mengalami masalah misalnya, orang tersebut akan terus menurus batuk, mengeluarkan lendir, serta mengalami sesak napas.

Salah satu penyakit yang sering menyerang paru-paru adalah, paru-paru basah.

Paru-paru basah adalah kondisi yang terjadi akibat peradangan pada salah satu atau kedua paru-paru. Paru-paru basah ini biasanya terjadi akibat infeksi pada paru-paru.

Paru-paru basah sebenarnya adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan adanya peradangan pada paru yang menyebabkan terbentuknya timbunan cairan di jaringan paru.

Kondisi ini bisa menggambarkan beberapa penyakit, seperti pneumonia akibat infeksi bakteri atau virus (termasuk infeksi virus Corona atau COVID-19), karena kantung udara di paru-paru dipenuhi oleh cairan atau nanah.

Penyakit ini bisa berakibat serius jika diderita oleh bayi, anak kecil, lansia, dan orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

Gejala Paru-Paru Basah

Penyakit paru-paru basah dapat dikenali dari berbagai gejala umumnya, antara lain:

Batuk kering atau batuk yang disertai dahak berwarna kuning, cokelat, hijau, atau kemerahan (batuk darah).

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved