Breaking News:

Lewat Pedas 2021, HIMA Sosiologi UNM Ajak Mahasiswa Baru Berpikir dan Bersikap Kritis

Mahasiswa baru (Maba) 2021 mendapat pembekalan keilmuan utamanya nilai-nilai kepemimpinan dan aktivisme

Editor: Alfian
HIMA Sosiologi UNM
Pelatihan Dasar (Pedas) Sosiologi UNM 2021 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pengaderan menjadi kegiatan rutin yang digelar saat tahun ajaran baru di Perguruan Tinggi (PT).

Pesertanya tentu para mahasiswa baru, seperti yang digelar Himpunan Mahasiswa (HIMA) Sosiologi Universitas Negeri Makassar (UNM).

Mahasiswa baru (Maba) 2021 mendapat pembekalan keilmuan utamanya menyangkut nilai-nilai kepemimpinan dan aktivisme.

Hal ini tercermin dari penamaan angkatan Maba Sosiologi UNM 2021, Liberte yang disematkan HIMA Sosiologi UNM.

Kegiatan pengaderan ini pun bertajuk Pelatihan Dasar Sosiologi (Pedas) yang berlangsung dalam dua sesi. Pertama yakni sesi indoor, berlangsung di kampus UNM Gunung Sari, Jl AP Pettarani, Sabtu (20/11/2021) dan Senin (22/11/2021).

Pelatihan Dasar (Pedas) Sosiologi UNM 2021
Pelatihan Dasar (Pedas) Sosiologi UNM 2021 (HIMA Sosiologi UNM)

“Di sesi indoor ini lebih banyak diperkenalkan tentang internal Prodi Sosiologi sendiri kepada mahasiswa baru,” kata Hasriani Basri, Sabtu (27/11/2021).

Sementara itu di sesi kedua atau sesi outdoor berlangsung di Rumah Adat Baruga, Kompleks Benteng Somba Opu, Gowa, Jumat-Minggu (26-28/11/2021).

Pada sesi outdoor inilah berbagai materi turunan seperti kerangka berpikir ilmiah, filsafat ilmu sosial, hingga materi mahasiswa dan tanggung jawab sosial diberikan.

Hasriani menambahkan, para mahasiwa baru Sosiologi tentu tak hanya dibekali terkait pengetahuan lingkungan kampus semata.

Tetapi lebih jauh dari itu, harus dibekali pemahaman atau makna dari fungsi sebagai mahasiswa.

“Mahasiswa kan tidak hanya sekadar belajar di dalam kelas tapi lingkungan sosial ini juga bagian dari ruang-ruang kelas apalagi sebagai mahasiswa sosiologi jadi tentu tanggung jawab sosial sebagai mahasiswa harus ditanamkan sejak awal,” ucapnya.

Pelatihan Dasar (Pedas) Sosiologi UNM 2021
Pelatihan Dasar (Pedas) Sosiologi UNM 2021 (HIMA Sosiologi UNM)

Terpisah, Ketua Prodi Sosiologi UNM, Dr Idham Irwansyah, menyebut kegiatan HIMA ini tentu memiliki banyak manfaat. Sehingga Prodi dalam hal ini memberikan dukungan penuh.

“Jumlah mahasiswa tahun ini ada sekitar 70an mereka tentu generasi-generasi muda yang patut untuk mendapat bimbingan agar bisa menjadi mahasiwa yang memiliki manfaat secara sosial,” tutur Dr Idham Irwansyah.(*)

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved